Kamis, 27 Mei 2021

PEMETAAN TEORI VARIABEL KEPUASAN KERJA

DIMENSI

INDIKATOR

TEORI 1

TEORI 2

TEORI 3

1)      Pekerjaan itu sendiri

 

a.       Tugas yang menarik

b.      Kesempatan untuk belajar

c.       Kesempatan untuk menerima tanggung jawab

Menurut Luthans (2006:243) terdapat lima dimensi pekerjaan yang telah diidentifikasi untuk merepresentasikan karakteristik pekerjaan yang paling penting dimana karyawan memiliki respons afektif. Kelima dimensi tersebut adalah:

a.       Pekerjaan itu sendiri. Dalam hal di mana pekerjaan memberikan tugas yang menarik, kesempatan untuk belajar, dan kesempatan untuk menerima tanggung jawab.

b.      Gaji. Sejumlah upah yang diterima dan tingkat di mana hal ini bisa dipandang sebagai hal yang dianggap pantas dibandingakan dengan orang lain dalam organisasi.

c.       Kesempatan promosi. Kesempatan untuk maju dalam organisasi.

d.      Pengawasan. Kemampuan penyelia untuk memberikan bantuan teknis dan dukungan perilaku.

e.       Rekan kerja. Tingkat di mana rekan kerja pandai secara teknis dan mendukung secara sosial.

 

(Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi Edisi 10. Yogyakarta: ANDI. Halaman 243)

Smith, Kendal, dan Hulin menilai kepuasan kerja keseluruhan dengan mengggunakan: kepuasan terhadap pengawasan, kepuasan terhadap rekan kerja, kepuasan dengan pekerjaan itu sendiri, kepuasan terhadap pembayaran, dan kepuasan terhadap promosi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Mutiara S. Panggabean. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia. Halaman 132)

Kreitner dan Kinicki mengemukakan bahwa aspek-aspek kepuasan kerja yang relevan terdiri atas kepuasan terhadap pekerjaan, gaji, promosi, rekan kerja, dan penyelia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Mutiara S. Panggabean. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia. Halaman 129)

2)      Gaji

a.       Sejumlah upah yang diterima

b.      Hal yang dianggap pantas

3)      Kesempatan promosi

 

a.       Kesempatan untuk maju dalam organisasi

4)      Pengawasan

 

a.       Kemampuan penyelia untuk memberikan bantuan teknis

b.      Kemampuan penyelia untuk memberikan dukungan perilaku

5)      Rekan kerja

a.       Pandai secara teknis

b.      Memberikan dukungan sosial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar