Selasa, 24 Desember 2013

MANAJEMEN ADMINISTRATIF (ADMINISTRATRATIVE MANAGEMENT)

MANAJEMEN ADMINISTRATIF (ADMINISTRATRATIVE MANAGEMENT)
Sebelum kita mengetahui atau menyimpulkan apa yang dimaksud dengan manajemen administrasi, maka terlebih dahulu kita harus memahami terlebih dahulu pengertian administrasi, pengertian manajemen, apa yang membedakan keduanya, dan apa pula persamaannya.
Manajemen dapat diartikan sebagai berikut: Pertama, ketatalaksanaan proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran tertentu. Kedua, kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Ketiga, segenap perbuatan menggerakkan sekelompok orang dan menggerakkan fasilitas dalam suatu usaha kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan pengertian admistrasi adalah tata usaha, yaitu berupa kegiatan mencatat, mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan. Definisi tersebut merupakan definisi administrasi secara sempit, adapun definisi administrasi secara luas adalah kegiatan suatu kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyeiesaikan tujuan bersama. Kegiatan tersebut berupa, perencanaan,   pengorganisasian,   memberikan   komando, koordinasi dan mengadakan pengawasan.
Dari pengertian manajemen dan administrasi tersebut tampak persamaan yang dapat kita simpulkan dari keduanya, yaitu manajemen dan administrasi sama-sama merupakan usaha sekelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama, kegiatan yang dilakukannya pun sama yang meliputi perencanaan,   pengorganisasian,   memberikan   komando, koordinasi dan mengadakan pengawasan. Persamaan tersebut dapat kita simpulkan dengan melihat pengertian administrasi secara luas.
Dari persamaan tersebut, dapat kita lihat hubungan antara manajemen dan admnistrasi yaitu, bahwa manajemen merupakan inti daripada administrasi, karena memang manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada administrasi. Jadi administrasi adalah penyelenggaranya dan manajemen adalah orang yang menyelenggarakan kerja. Maka kombinasi dari keduanya adalah penyelengaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan dari sisi perbedaannya hanya sedikit, dimana istilah administrasi digunakan pada badan/organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran, manajer pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan, kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain.
Setelah kita memahami benar apa itu administrasi dan apa itu manajemen serta persamaan dan perbedaan antara keduanya, selanjutnya akan kita bahas mengenai apa itu manajemen administratif? Mengapa muncul istilah tersebut?
Manajemen administratif merupakan istilah baru yang muncul untuk menggantikan istilah manajemen kantor yang dianggap lingkupan pekerjaannya sudah tidak lagi semata-mata menyangkut kantor saja. Manajemen administratif merupakan cabang manajemen yang berkaitan dengan pelayanan-pelayanan untuk memperoleh, mencatat, dan menganalis keterangan, untuk merencanakan dan untuk melakukan komunikasi yang dengan upaya itu pimpinan suatu perusahaan melindungi harta benda, memajukan urusan-urusan, dan mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Pergantian istilah manajemen kantor menjadi manajemen administratif tidak hanya berubah dari segi istilahnya saja, tetapi juga berubah dari sisi peranan, kedudukan, dan lingkupan bidang kerja fungsi tersebut. Manajemen perkantoran kini tidak lagi sekedar mencatat keteragan, tetapi juga memikul tugas-tugas antara lain melakukan analisis dan membuat rencana. Orang yang melakukan tugas tersebut dilakukan oleh administrative manager (manajer administratif).
Menurut George Terry, sebutan administrative manager memperoleh penerimaan luas untuk menggantikan office manager karena lebih tepat melukiskan tugas pengelolaan informasi. Kini seorang manajer administratif bukan lagi sekedar pimpinan para juru tulis dalam kantor, melainkan seorang pejabat yang memiliki kedudukan dari pimpinan organisasi, dan kedudukannya sejajar dengan pejabat lainnya seperti manajer produksi atau manajer keuagan.

Sumber:
The Liang Gie. 1992. Administasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liverty.


3 komentar:

  1. secara singkat apa manajemen administrasi?

    BalasHapus
  2. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus
  3. Mohon dibedakan antara administration (administrasi) dengan administrative (administratif). Administrasi adalah
    segenap proses penyelenggaraan setiap
    usaha kerjasama manusia dlm rangka
    mencapai tujuan yg didalamnya ada 8 unsur a.l tata usaha atau sama artinya dng administratif, atau tata laksana kantor, office work, office paper.Atau dapat juga dikenal dengan administrasi dlm arti sempit. Tks. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus