MANAJEMEN
ADMINISTRATIF (ADMINISTRATRATIVE
MANAGEMENT)
Sebelum kita mengetahui
atau menyimpulkan apa yang dimaksud dengan manajemen administrasi, maka
terlebih dahulu kita harus memahami terlebih dahulu pengertian administrasi,
pengertian manajemen, apa yang membedakan keduanya, dan apa pula persamaannya.
Manajemen dapat diartikan sebagai berikut: Pertama, ketatalaksanaan proses
penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran tertentu. Kedua, kemampuan atau keterampilan untuk
memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan
orang lain. Ketiga, segenap perbuatan
menggerakkan sekelompok orang dan menggerakkan fasilitas dalam suatu usaha kerjasama
untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan pengertian admistrasi adalah tata usaha, yaitu
berupa kegiatan mencatat, mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil
kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan. Definisi tersebut
merupakan definisi administrasi secara sempit, adapun definisi administrasi
secara luas adalah kegiatan suatu kelompok yang mengadakan kerjasama untuk
menyeiesaikan tujuan bersama. Kegiatan tersebut berupa,
perencanaan, pengorganisasian, memberikan
komando, koordinasi dan mengadakan pengawasan.
Dari pengertian manajemen dan administrasi tersebut tampak
persamaan yang dapat kita simpulkan dari keduanya, yaitu manajemen dan
administrasi sama-sama merupakan usaha sekelompok orang yang mengadakan
kerjasama untuk mencapai tujuan bersama, kegiatan yang dilakukannya pun sama
yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
memberikan komando, koordinasi dan mengadakan pengawasan. Persamaan
tersebut dapat kita simpulkan dengan melihat pengertian administrasi secara
luas.
Dari persamaan tersebut, dapat kita lihat hubungan antara
manajemen dan admnistrasi yaitu, bahwa manajemen merupakan inti daripada
administrasi, karena memang manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada
administrasi. Jadi administrasi adalah penyelenggaranya dan manajemen adalah
orang yang menyelenggarakan kerja. Maka kombinasi dari keduanya adalah
penyelengaraan kerja yang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan
dari sisi perbedaannya hanya sedikit, dimana istilah administrasi digunakan
pada badan/organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen dipergunakan
untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan manajer, tetapi
organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan istilah
manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran, manajer
pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan, kepala
bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain.
Setelah
kita memahami benar apa itu administrasi dan apa itu manajemen serta persamaan
dan perbedaan antara keduanya, selanjutnya akan kita bahas mengenai apa itu
manajemen administratif? Mengapa muncul istilah tersebut?
Manajemen
administratif merupakan istilah baru yang muncul untuk menggantikan istilah
manajemen kantor yang dianggap lingkupan pekerjaannya sudah tidak lagi
semata-mata menyangkut kantor saja. Manajemen administratif merupakan cabang
manajemen yang berkaitan dengan pelayanan-pelayanan untuk memperoleh, mencatat,
dan menganalis keterangan, untuk merencanakan dan untuk melakukan komunikasi
yang dengan upaya itu pimpinan suatu perusahaan melindungi harta benda,
memajukan urusan-urusan, dan mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Pergantian
istilah manajemen kantor menjadi manajemen administratif tidak hanya berubah
dari segi istilahnya saja, tetapi juga berubah dari sisi peranan, kedudukan,
dan lingkupan bidang kerja fungsi tersebut. Manajemen perkantoran kini tidak
lagi sekedar mencatat keteragan, tetapi juga memikul tugas-tugas antara lain
melakukan analisis dan membuat rencana. Orang yang melakukan tugas tersebut
dilakukan oleh administrative manager (manajer administratif).
Menurut
George Terry, sebutan administrative manager memperoleh penerimaan luas untuk
menggantikan office manager karena lebih tepat melukiskan tugas pengelolaan
informasi. Kini seorang manajer administratif bukan lagi sekedar pimpinan para
juru tulis dalam kantor, melainkan seorang pejabat yang memiliki kedudukan dari
pimpinan organisasi, dan kedudukannya sejajar dengan pejabat lainnya seperti
manajer produksi atau manajer keuagan.
Sumber:
http://selaputs.blogspot.com/2011/02/definisi-manajemen-administrasi.html, diakses pada
tanggal 4 September 2013.
http://bayu96ekonomos.wordpress.com/anda-tertarik/artikel-ekonomi/administrasi-dan-manajemen/, diakses pada
tanggal 4 September 2013.
http://dukhonajjib.blogspot.com/2013/04/06-hubungan-organisasi-administrasi-dan.html, diakses pada
tanggal 4 September 2013.
The Liang Gie. 1992. Administasi Perkantoran Modern. Yogyakarta:
Liverty.
secara singkat apa manajemen administrasi?
BalasHapusTaipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
BalasHapusSITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!
Mohon dibedakan antara administration (administrasi) dengan administrative (administratif). Administrasi adalah
BalasHapussegenap proses penyelenggaraan setiap
usaha kerjasama manusia dlm rangka
mencapai tujuan yg didalamnya ada 8 unsur a.l tata usaha atau sama artinya dng administratif, atau tata laksana kantor, office work, office paper.Atau dapat juga dikenal dengan administrasi dlm arti sempit. Tks. Semoga bermanfaat.