Selasa, 24 Desember 2013

KOMPETENSI MANAJEMEN/ADMINISTRASI PERKANTORAN



A.    PROGRAM DIPLOMA III ADMINISTRASI PERKANTORAN
Kemampuan lulusan yang menekankan pada keahlian dan keterampilan mengaplikasikan  pekerjaan Administrasi Perkantoran dengan kompetensi  sebagai berikut:
1.      Mengoperasikan peralatan dan mesin perkantoran modern dalam menangani pekerjaan administrasi perkantoran.
2.      Menyelenggarakan  proses kegiatan administrasi/manajemen perkantoran mulai dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pendistribusian, dan pendokumentasian bahan informasi untuk pengambilan keputusan.
3.      Melaksanakan kegiatan pelayanan prima kepada pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal.
4.      Mengkomunikasikan ide dan informasi secara lisan maupun tertulis dengan baik dan benar.
5.      Menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
6.      Mengelola kas kecil dalam pelaksanaan pekerjaan kantor.
7.      Mengelola pekerjaan perkantoran secara efektif dan efisien.
8.      Menjalankan tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: Program diploma Administrasi Perkantoran pada umumnya diharuskan menguasai kompetensi yang bersifat teknis yang berkaitan dengan pekerjaan kantor untuk selanjutnya dapat di praktekkan langsung di lapangan atau di tempat kerja.
B.     PROGRAM S1 ADMINISTRASI PERKANTORAN
Kemampuan lulusan yang menekankan pada penguasaan dasar-dasar keilmuan dan keprofesian dalam  bidang Administrasi/Manajemen Perkantoran serta memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau memasuki lapangan kerja, dengan kompetensi sebagai berikut:
1.      Mengelola  administrasi  perkantoran modern secara efektif dan efisien.
2.      Melaksanakan fungsi manajemen dalam menyelenggarakan kegiatan administrasi kantor.
3.      Menerapkan pendekatan sistem dalam rangka memecahkan permasalahan administrasi perkantoran.
4.      Mengelola teknologi informasi dalam penyelenggaraan administrasi perkantoran modern.
5.      Melaksanakan fungsi pelayanan kemasyarakatan dengan baik kepada pemangku kepentingan internal maupun eksternal.
6.      Mengkomunikasikan ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
7.      Menggunakan  bahasa Inggris dengan baik dan benar  dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
8.      Mengelola  administrasi keuangan dengan benar pada lingkup pengelolaan organisasi kantor.
9.      Mengembangkan diri secara berkesinambungan dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran menyesuaikan perkembangan ipteks.
10.  Menjalankan tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: Berbeda dengan program diploma yang menekankan pada penguasaan keterampilan administrasi perkantoran, program S1 Administrasi Perkantoran menekankan pada penguasaan dasar dari keilmuan dan profesi administrasi perkantoran. Hal ini karena program S1 Administrasi Perkantoran selain disiapkan untuk memasuki lapangan pekerjaan juga disiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke jengjang yang lebih tinggi yaitu program S2 dan S3 bidang Administrasi Perkantoran.
C.    PROGRAM S1 PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Kemampuan lulusan yang menekankan pada penguasaan dasar-dasar keilmuan dan keprofesian dalam  bidang Pendidikan Administrasi/Manajemen Perkantoran serta memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau memasuki lapangan kerja, dengan kompetensi sebagai berikut:
1.      Menjadi guru/tenaga pendidik bidang Administrasi/Manajemen Perkantoran yang menguasai kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian.
2.      Mengembangkan perangkat pembelajaran administrasi perkantoran.
3.      Mengelola  pekerjaan administrasi  perkantoran modern secara efektif dan efisien.
4.      Melaksanakan fungsi manajemen dalam menyelenggarakan kegiatan administrasi kantor.
5.      Menerapkan pendekatan sistem dalam rangka memecahkan permasalahan administrasi perkantoran.
6.      Mengelola teknologi informasi dalam penyelenggaraan administrasi perkantoran modern.
7.      Melaksanakan fungsi pelayanan kemasyarakatan dengan baik kepada pemangku kepentingan internal maupun eksternal.
8.      Mengkomunikasikan ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
9.      Menggunakan  bahasa Inggris dengan baik dan benar  dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
10.  Mengelola  administrasi keuangan dengan benar pada lingkup pengelolaan organisasi kantor.
11.  Mengembangkan diri secara berkesinambungan dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran menyesuaikan perkembangan ipteks.
12.  Menjalankan tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: Program S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran mengharuskan lulusannya memiliki kualifikasi keilmuan dan profesi pendidikan administrasi perkantoran. Kualifikasi ini mengharuskan lulusan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pendidik, menyakut penguasaan kompetensi administrasi perkantoran dan menguasai serta mengembangkan perangkat dan teknik pembelajaran administrasi perkantoran.
D.    PROGRAM S2  ADMINISTRASI PERKANTORAN
Menghasilkan lulusan yang mampu berperan dalam  mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang  Administrasi/Manajemen Perkantoran dengan kompetensi sebagai berikut:
1.      Menjadi manajer administrasi kantor pada lembaga bisnis maupun non bisnis.
2.      Menganalisis dan mengembangkan model sistem analisis administrasi perkantoran.
3.      Mengembangkan ipteks dalam bidang administrasi perkantoran melalui penelitian dan pengembangan serta publikasi karya ilmiah.
4.      Mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi perkantoran.
5.      Memiliki kemampuan untuk mengikuti studi lanjut dalam rangka pengembangan ilmu Administrasi/Manajemen Perkantoran.
6.      Mengkomunikasikan ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
7.      Melakukan negosiasi dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal dalam rangka peningkatan kinerja organisasi.
8.      Menggunakan  bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
9.      Mengembangkan diri dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran secara berkesinambungan menyesuaikan perkembangan ipteks.
10.  Menjalankan tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: Kompetensi yang harus dicapai pada program S2 Administrasi Perkantoran tidak hanya menguasi dasar keilmuan administrasi perkantoran, namun lulusan juga diharapkan mampu mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam bidang ilmu administrasi perkantoran, serta mampu melakukan pekerjaan administrasi perkantoran pada tingkatan yang lebih tinggi.
E.     PROGRAM S2 PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Menghasilkan lulusan yang mampu berperan dalam  mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang  Pendidikan Administrasi/Manajemen Perkantoran dengan kompetensi sebagai berikut:
1.      Menjadi tenaga pendidik profesional pada lembaga pendidikan menengah kejuruan dan lembaga pendidikan tinggi bidang administrasi/manajemen perkantoran.
2.      Menganalisis dan mengembangkan model-model pembelajaran inovatif dalam bidang administrasi/manajemen perkantoran.
3.      Mengembangkan ipteks dalam bidang pendidikan administrasi/manajemen perkantoran melalui penelitian dan pengembangan serta publikasi ilmiah.
4.      Mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi perkantoran dengan baik untuk pengembangan pendidikan administrasi/manajemen perkantoran.
5.      Mengkomunikasikan ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
6.      Melakukan negosiasi dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal dalam rangka peningkatan kinerja organisasi.
7.      Menggunakan  bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
8.      Mengembangkan diri dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran secara berkesinambungan menyesuaikan perkembangan ipteks.
9.      Menjalankan tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
10.  Memiliki kemampuan untuk mengikuti studi lanjut dalam rangka pengembangan ilmu Pendidikan Administrasi/Manajemen Perkantoran.
Kesimpulan: Program S2 Pendidikan Administrasi Perkantoran mampu mengembangkan, menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pembelajaran/pendidikan administrasi perkantoran.
F.     PROGRAM DOKTOR (S-3) ADMINISTRASI PERKANTORAN
Menjadi ilmuwan yang mempunyai pengetahuan lanjut, secara mandiri mampu menghasilkan konsep, dan inovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi Administrasi/Manajemen Perkantoran dengan kompetensi sebagai berikut:
1.      Menganalisis dan mengembangkan model sistem analisis administrasi perkantoran.
2.      Melakukan inovasi dan mengembangkan ipteks dalam bidang Administrasi Perkantoran.
3.      Melakukan  penelitian dan pengembangan serta publikasi ilmiah dalam bidang Administrasi/Manajemen Perkantoran.
4.      Mengkomunikasikan ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
5.      Melakukan negosiasi dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal dalam rangka peningkatan kinerja organisasi.
6.      Menggunakan  bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
7.      Mengembangkan diri dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran secara berkesinambungan menyesuaikan perkembangan ipteks.
8.      Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi perkantoran.
9.      Mendesain dan mengembangkan jejaring  bidang Administrasi /Manajemen Perkantoran.
10.  Menjalankan tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: kualifikasi yang harus dicapai oleh lulusan S3 Administrasi Perkantoran lebih tinggi lagi, dimana lulusan harus mampu memiliki pengetahuan yang medalam dan mengembangkan konsep dan inivasi baru dalam bidang keilmuan administrasi perkantoran.


Sumber: Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar