A.
PROGRAM
DIPLOMA III ADMINISTRASI PERKANTORAN
Kemampuan lulusan yang
menekankan pada keahlian dan keterampilan mengaplikasikan pekerjaan Administrasi Perkantoran dengan
kompetensi sebagai berikut:
1. Mengoperasikan peralatan dan
mesin perkantoran modern dalam menangani pekerjaan administrasi perkantoran.
2. Menyelenggarakan proses
kegiatan administrasi/manajemen perkantoran mulai dari proses pengumpulan,
pencatatan, pengolahan, penggandaan, pendistribusian, dan pendokumentasian
bahan informasi untuk pengambilan keputusan.
3. Melaksanakan kegiatan pelayanan prima
kepada pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal.
4. Mengkomunikasikan
ide dan informasi secara lisan maupun tertulis dengan baik dan benar.
5. Menggunakan bahasa
Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan
kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
6. Mengelola
kas kecil dalam pelaksanaan
pekerjaan kantor.
7. Mengelola
pekerjaan perkantoran secara efektif dan efisien.
8. Menjalankan
tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan:
Program diploma Administrasi Perkantoran pada umumnya diharuskan menguasai
kompetensi yang bersifat teknis yang berkaitan dengan pekerjaan kantor untuk selanjutnya
dapat di praktekkan langsung di lapangan atau di tempat kerja.
B. PROGRAM
S1 ADMINISTRASI PERKANTORAN
Kemampuan lulusan yang
menekankan pada penguasaan dasar-dasar keilmuan dan keprofesian dalam bidang Administrasi/Manajemen Perkantoran
serta memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih
tinggi atau memasuki lapangan kerja, dengan kompetensi sebagai berikut:
1. Mengelola
administrasi perkantoran modern
secara efektif dan efisien.
2. Melaksanakan fungsi manajemen dalam menyelenggarakan
kegiatan administrasi kantor.
3. Menerapkan pendekatan sistem dalam rangka memecahkan
permasalahan administrasi perkantoran.
4. Mengelola teknologi informasi
dalam penyelenggaraan administrasi perkantoran modern.
5. Melaksanakan fungsi pelayanan kemasyarakatan dengan
baik kepada pemangku kepentingan internal maupun
eksternal.
6. Mengkomunikasikan
ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
7. Menggunakan
bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis
dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
8. Mengelola administrasi
keuangan dengan benar pada lingkup pengelolaan
organisasi kantor.
9. Mengembangkan diri
secara berkesinambungan dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran
menyesuaikan perkembangan ipteks.
10. Menjalankan
tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: Berbeda
dengan program diploma yang menekankan pada penguasaan keterampilan
administrasi perkantoran, program S1 Administrasi Perkantoran menekankan pada
penguasaan dasar dari keilmuan dan profesi administrasi perkantoran. Hal ini
karena program S1 Administrasi Perkantoran selain disiapkan untuk memasuki
lapangan pekerjaan juga disiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke jengjang yang
lebih tinggi yaitu program S2 dan S3 bidang Administrasi Perkantoran.
C. PROGRAM
S1 PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Kemampuan lulusan yang
menekankan pada penguasaan dasar-dasar keilmuan dan keprofesian dalam bidang Pendidikan Administrasi/Manajemen
Perkantoran serta memiliki kesiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang
yang lebih tinggi atau memasuki lapangan kerja, dengan kompetensi sebagai
berikut:
1. Menjadi guru/tenaga pendidik bidang
Administrasi/Manajemen Perkantoran
yang menguasai kompetensi
profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian.
2. Mengembangkan
perangkat pembelajaran administrasi perkantoran.
3. Mengelola
pekerjaan administrasi
perkantoran modern secara efektif dan efisien.
4. Melaksanakan fungsi manajemen dalam menyelenggarakan
kegiatan administrasi kantor.
5. Menerapkan pendekatan sistem dalam rangka memecahkan
permasalahan administrasi perkantoran.
6. Mengelola teknologi informasi
dalam penyelenggaraan administrasi perkantoran modern.
7. Melaksanakan fungsi pelayanan kemasyarakatan dengan
baik kepada pemangku kepentingan internal maupun
eksternal.
8. Mengkomunikasikan
ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
9. Menggunakan
bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam berkomunikasi lisan maupun tertulis
dengan kualifikasi profesional bidang administrasi perkantoran.
10. Mengelola
administrasi keuangan dengan benar pada lingkup
pengelolaan organisasi kantor.
11. Mengembangkan diri
secara berkesinambungan dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran
menyesuaikan perkembangan ipteks.
12. Menjalankan
tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan:
Program S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran mengharuskan lulusannya memiliki
kualifikasi keilmuan dan profesi pendidikan administrasi perkantoran.
Kualifikasi ini mengharuskan lulusan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang
pendidik, menyakut penguasaan kompetensi administrasi perkantoran dan menguasai
serta mengembangkan perangkat dan teknik pembelajaran administrasi perkantoran.
D. PROGRAM
S2 ADMINISTRASI PERKANTORAN
Menghasilkan lulusan
yang mampu berperan dalam mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi
bidang Administrasi/Manajemen
Perkantoran dengan kompetensi sebagai berikut:
1. Menjadi
manajer administrasi kantor pada lembaga bisnis maupun non bisnis.
2. Menganalisis
dan mengembangkan model sistem analisis administrasi perkantoran.
3. Mengembangkan
ipteks dalam bidang administrasi perkantoran melalui penelitian dan
pengembangan serta publikasi karya ilmiah.
4. Mengaplikasikan
teknologi informasi dan komunikasi perkantoran.
5. Memiliki
kemampuan untuk mengikuti studi lanjut dalam rangka pengembangan ilmu
Administrasi/Manajemen Perkantoran.
6. Mengkomunikasikan
ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
7. Melakukan
negosiasi dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal dalam rangka
peningkatan kinerja organisasi.
8. Menggunakan
bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam
berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang
administrasi perkantoran.
9. Mengembangkan diri
dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran secara berkesinambungan
menyesuaikan perkembangan ipteks.
10. Menjalankan
tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan: Kompetensi
yang harus dicapai pada program S2 Administrasi Perkantoran tidak hanya
menguasi dasar keilmuan administrasi perkantoran, namun lulusan juga diharapkan
mampu mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam bidang ilmu administrasi
perkantoran, serta mampu melakukan pekerjaan administrasi perkantoran pada
tingkatan yang lebih tinggi.
E. PROGRAM
S2 PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Menghasilkan lulusan
yang mampu berperan dalam mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi
bidang Pendidikan
Administrasi/Manajemen Perkantoran dengan kompetensi sebagai berikut:
1. Menjadi
tenaga pendidik profesional pada lembaga pendidikan menengah kejuruan dan
lembaga pendidikan tinggi bidang administrasi/manajemen perkantoran.
2. Menganalisis
dan mengembangkan model-model pembelajaran inovatif dalam bidang
administrasi/manajemen perkantoran.
3. Mengembangkan
ipteks dalam bidang pendidikan administrasi/manajemen perkantoran melalui
penelitian dan pengembangan serta publikasi ilmiah.
4. Mengaplikasikan
teknologi informasi dan komunikasi perkantoran dengan baik untuk pengembangan
pendidikan administrasi/manajemen perkantoran.
5. Mengkomunikasikan
ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
6. Melakukan
negosiasi dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal dalam rangka
peningkatan kinerja organisasi.
7. Menggunakan
bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam
berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang
administrasi perkantoran.
8. Mengembangkan diri
dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran secara berkesinambungan
menyesuaikan perkembangan ipteks.
9. Menjalankan
tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
10. Memiliki
kemampuan untuk mengikuti studi lanjut dalam rangka pengembangan ilmu
Pendidikan Administrasi/Manajemen Perkantoran.
Kesimpulan: Program S2
Pendidikan Administrasi Perkantoran mampu mengembangkan, menciptakan ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam proses pembelajaran/pendidikan administrasi
perkantoran.
F.
PROGRAM DOKTOR (S-3)
ADMINISTRASI PERKANTORAN
Menjadi ilmuwan yang
mempunyai pengetahuan lanjut, secara mandiri mampu menghasilkan konsep, dan
inovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi Administrasi/Manajemen Perkantoran
dengan kompetensi sebagai berikut:
1. Menganalisis
dan mengembangkan model sistem analisis administrasi perkantoran.
2. Melakukan
inovasi dan mengembangkan ipteks dalam bidang Administrasi Perkantoran.
3. Melakukan penelitian dan pengembangan serta publikasi
ilmiah dalam bidang Administrasi/Manajemen Perkantoran.
4. Mengkomunikasikan
ide dan informasi secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar.
5. Melakukan
negosiasi dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal dalam rangka
peningkatan kinerja organisasi.
6. Menggunakan
bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam
berkomunikasi lisan maupun tertulis dengan kualifikasi profesional bidang
administrasi perkantoran.
7. Mengembangkan diri
dalam rangka melaksanakan pekerjaan perkantoran secara berkesinambungan
menyesuaikan perkembangan ipteks.
8. Mengembangkan
teknologi informasi dan komunikasi perkantoran.
9. Mendesain
dan mengembangkan jejaring bidang
Administrasi /Manajemen Perkantoran.
10. Menjalankan
tugas profesi dengan beretika, berkepribadian, dan berkarakter.
Kesimpulan:
kualifikasi yang harus dicapai oleh lulusan S3 Administrasi Perkantoran lebih
tinggi lagi, dimana lulusan harus mampu memiliki pengetahuan yang medalam dan
mengembangkan konsep dan inivasi baru dalam bidang keilmuan administrasi
perkantoran.
Sumber:
Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar