Mata Pelajaran                      : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester                    : XI/1
Pertemuan Ke-                      :
1 - 13
Alokasi Waktu                       : 13 x 2 JP (26 JP)
Kompetensi Inti
KI 1   :            
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :            
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3   :            
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :            
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Kompetensi Dasar
3.1.
Mendeskripsikan Ruang Lingkup Humas
4.1. Mengelola
Kegiatan Humas
Indikator
1.     
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan.
2.     
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan.
3.     
Menjelaskan definisi humas dengan bahasa sendiri.
4.     
Menjelaskan definisi public relation dengan bahasa
sendiri.
5.     
Mendeskripsikan konsep humas dan latar belakang konsep
humas.
6.     
Menjelaskan karakteristik humas sesuai dengan aspeknya.
7.     
Menjelaskan sejarah perkembangan humas di dunia.
8.     
Memaparkan tujuan humas.
9.     
Menjelaskan tugas dan fungsi humas menurut beberapa
pendapat ahli.
10.  Menjelaskan
peran humas dalam sebuah organisasi.
11.  Mengidentifikasiprosedur
kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnya. 
12.  Menjabarkantugas
humas dalam organisasi.
13.  Menjelaskan
macam-macam media yang digunakan oleh humas
14.  Menjelaskan
macam-macam humas yang ada di Indonesia.
15.  Merencanakan
kegiatan humas sederhana.
16.  Mengelola
kegiatan humas sederhana.
Tujuan Pembelajaran
1.     
Siswa dapat menjelaskan dengan tepat definisi humas
dengan bahasa sendiri.
2.     
Siswa dapat menjelaskan dengan tepat definisi public
relation dengan bahasa sendiri.
3.     
Siswa dapat mendeskripsikandengan tepat konsep humas
dan latar belakang konsep humas.
4.     
Siswa dapat menjelaskan dengan benar karakteristik
humas sesuai dengan aspeknya.
5.     
Siswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan humas di
dunia dengan benar.
6.     
Siswa dapat memaparkan tujuan humas dengan benar.
7.     
Siswa dapat menjelaskan tugas dan fungsi humas menurut
beberapa pendapat ahli dengan benar.
8.      Siswa
dapat menjelaskan peran humas dalam sebuah organisasi dengan benar.
9.      Siswa
dapat mengidentifikasi prosedur kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnyadengan
tepat. 
10.  Siswa dapat
menjabarkan tugas humas dalam organisasidengan benar.
11.  Siswa dapat
menjelaskan macam-macam media yang digunakan oleh humas dengan benar.
12.  Siswa dapat
menjelaskan macam-macam humas yang ada di Indonesia dengan benar.
13.  Siswa dapat
merencanakan kegiatan humas sederhanadengan baik.
14.  Siswa dapat
mengelola kegiatan humas sederhana dengan baik.
Materi Ajar    
1.      Definisi
humas
2.      Definisi
public relation
3.      Konsep
humas
4.      Karakteristik
humas
5.      Sejarah
perkembangan humas
6.      Tujuan
humas
7.      Tugas
dan fungsi humas
8.      Peran
humas
9.      Prosedur
kerja humas
10.  Tugas humas
dalam organisasi
11.  Media humas
12.  Macam-macam
humas
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     :
Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif
Numbered Heads Together, Jigsaw, Make a Match, dan Role Playing
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap
  anggota kelompok memiliki nomor masing-masing. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang definisi humas dan definisi public relations dari
  power point yang ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan definisi humas dan definisi public relations. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang definisi humas dan definisi
  public relations. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh secara berkelompok.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi dengan memanggil siswa nomor secara acak dalam kelompok. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 2 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, tiap
  kelompok mendapatkan sub materi yang berakitan dengan konsep humas. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang konsep humas dari power point yang ditayangkan
  oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan konsep humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang konsep humas secara
  berkelompok. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi tentang materi yang sudah ditentukan pada tiap kelompoknya. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-  
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-  
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-  
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-  
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 3 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap
  anggota kelompok memiliki nomor masing-masing. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang karakteristik humas dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan karakteristik humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang karakteristik humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh secara berkelompok.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi dengan memanggil siswa nomor secara acak dalam kelompok. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-  
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-  
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-  
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-  
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 4-5 (2
x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagikan kartu pada masing-masing siswa. Tiap
  kartu berisi tahun dan keterangan kejadian yang berkaitan dengan materi
  sejarah perkembangan humas. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang sejarah perkembangan humas dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan sejarah perkembangan humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang sejarah perkembangan humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Guru
  membimbng siswa untuk mencari pasangan dari masing-masing kartu yang
  diperoleh, kemudian mempresentasikan hasilnya di depan kelas. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-  
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-  
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-  
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-  
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 6 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membimbing siswa untuk berhitung dan setiap
  siswa memiliki nomor masing-masing. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang tujuan humas dari power point yang ditayangkan
  oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan tujuan humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tujuan humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Guru
  menunjuk secara acak siswa menggunakan nomor untuk mempresentasikan hasil
  diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Guru kembali memanggil nomor siswa secara acak untuk menyimpulkan
  materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 7-8 (2
x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang tugas dan fungsi humas dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan tugas dan fungsi humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tugas dan fungsi humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-  
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-  
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-  
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-  
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
9 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang peran humas dari power point yang ditayangkan oleh
  guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan peran humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang peran humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
10 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang prosedur kerja humas dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan prosedur kerja humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang prosedur kerja humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Siswa
  mempresentasikan hasil diskusi tentang prosedur kerja humas dengan melakukan
  simulasi langsung (bermain peran). | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan
  bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
11 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang tugas humas dalam organisasi dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan tugas humas dalam organisasi. 
Eksperimen/Explore 
Siswa mengumpulkan
  data dari berbagai sumber tentang tugas humas dalam organisasi yang ada di
  Indonesia. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
12 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang media humas dari power point yang ditayangkan oleh
  guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan media humas. 
Eksperimen/Explore 
Guru
  memberikan beberapa gambar tentang media humas, kemudian secara berkelompok
  siswa mengumpulkan berbagai data tentang media humas tersebut dari berbagai
  sumber. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
13 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap
  kelompok mendapatkan materi untuk didiskusikan. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang macam-macam humas dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan macam-macam humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang macam-macam humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§ 
Media
Power Point
§ 
Alat dan Bahan
1.     
Proyektor
2.     
Laptop
3.     
Whiteboard
4.     
Spidol
§ 
Sumber Belajar
1.     
Modul Humas dan Keprotokolan
2.     
LKS buatan guru
3.     
Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4.      Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Galia
Indonesia.
5.     
Sumber referensi terkait
Penilaian
1.      Evaluasi Kognitif  : Tes Tulis dan Penugasann
2.      Evaluasi Afektif    : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3.      Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran                      : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester                    : XI/1
Pertemuan Ke-                      :
14 - 19
Alokasi Waktu                       : 6 x 2 JP (12 JP)
Kompetensi Inti
KI 1   :          
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :            
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3   :            
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :            
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
3.2.
Mengidentifikasi profil, kode etik, jabatan, dan organisasi profesi humas
4.2. Membuat
profil humas
Indikator
1.     
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan.
2.     
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan.
3.     
Mengidentifikasi profil humas, berupa visi dan misi
humas.
4.     
Mengidentifikasi kode etik humas berdasarkan beberapa
organisasi humas.
5.     
Mengidentifikasi jabatan humas.
6.     
Mengidentifikasi tugas dari jabatan humas.
7.     
Mengidentifikasi organisasi profesi humas di Indonesia
dan Internasional.
8.     
Membuat profil humas, berupa visi dan misi humas.
Tujuan Pembelajaran
1.     
Siswa dapat mengidentifikasi profil humas, berupa visi
dan misi humas dengan benar.
2.     
Siswa dapat mengidentifikasi kode etik humas
berdasarkan beberapa organisasi humasdengan benar.
3.     
Siswa dapat mengidentifikasi jabatan humasdengan benar.
4.     
Siswa dapat mengidentifikasi tugas dari jabatan humasdengan
benar.
5.     
Siswa dapat mengidentifikasi organisasi profesi humas
di indonesia dan internasionaldengan benar.
6.     
Siswa dapat membuat profil humas, berupa visi dan misi
humasdengan benar.
Materi Ajar    
1.      Profil
humas (Visi dan Misi)
2.      Kode
etik humas
3.      Jabatan
Humas
4.      Organisasi
profesi humas
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     :
Pendekatan Scientific
Model              :
Model Pembelajaran Alternatif Debate dan Jigsaw
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
14-15 (2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang profil humas (visi dan misi) dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan profil humas (visi dan misi). 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang profil humas (visi dan misi).
  Kemudian kelompok siswa dibimbing untuk membuat profil humas (visi dan misi). 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  secara bersama-sama untuk membuat profil humas (visi dan misi).  
Komunikasi 
Tiap
  kelompok mempresentasikan hasil diskusi masing-masing berupa profil humas
  (visi dan misi) dan kemudian dikomentari oleh kelompok lain. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
16-17 (2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam dua kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang kode etik humas dari power point yang ditayangkan
  oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan kode etik humas. 
Eksperimen/Explore 
Guru
  menunjuk masing-masing kelompok sebagai kelompok yanga pro dan konta terhadap
  berjalan atau tidaknua kode etik humas di Indonesia. Kemudian siswa mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang kode etik humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Kelompok
  pro dan kontra mempresentasikan hasil diskusi dengan berdebat satu sama lain. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
18 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang jabatan humas dari power point yang ditayangkan
  oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan jabatan humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang jabatan humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
19 (1 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, tiap
  kelompok diberikan materi yang berkaitan dengan organisasi profesi humas
  untuk menjadi tim ahli dari tiap materi. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang organisasi profesi humas dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan organisasi profesi humas. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang organisasi profesi humas. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh secara berkelompok.  
Komunikasi 
Satu
  per satu dari tim ahli materi mempresentasikan hasil diskusi. Siswa lainnya
  memperhatikan kemudian melakukan tanya jawab. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§ 
Media
Power Point
§ 
Alat dan Bahan
1.     
Proyektor
2.     
Laptop
3.     
Whiteboard
4.     
Spidol
§ 
Sumber Belajar
1.     
Modul Humas dan Keprotokolan
2.     
LKS buatan guru
3.     
Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
5.     
Sumber referensi terkait
Penilaian
1.      Evaluasi Kognitif  : Tes Tulis dan Penugasann
2.      Evaluasi Afektif    : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3.      Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran                      : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester                    : XI/1
Pertemuan Ke-                      :
20 - 23
Alokasi Waktu                       : 4 x 2 JP (8 JP)
Kompetensi Inti
KI 1   :             
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :            
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3   :            
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :            
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
3.3.
Mengidentifikasi kegiatan internal/eksternal humas
4.3.
Mempraktekan kegiatan humas internal/eksternal
Indikator
1.     
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan.
2.     
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan.
3.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan karyawan.
4.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan pemegang saham.
5.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan komunitas.
6.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan pelanggang.
7.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan media masa dan
pers.
8.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan pemerintah.
9.     
Mengidentifikasi hubungan humas dengan internal PR.
10.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan karyawan.
11.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan pemegang saham.
12.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan komunitas.
13.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan pelanggang.
14.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan media masa dan pers.
15.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan pemerintah.
16.  Mempraktekkan
hubungan humas dengan internal PR.
Tujuan Pembelajaran
1.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
karyawan.
2.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
pemegang saham.
3.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
komunitas.
4.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
pelanggang.
5.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
media masa dan pers.
6.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
pemerintah.
7.     
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
internal PR.
8.     
Siswa dapat mempraktekkan hubungan humas dengan
karyawan.
9.     
Siswa dapat mempraktekkan hubungan humas dengan
pemegang saham.
10.  Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan komunitas.
11.  Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan pelanggang.
12.  Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan media masa dan pers.
13.  Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan pemerintah.
14.  Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan internal PR.
Materi Ajar    
Kegiatan-kegiatan humas
1.      Humas internal
§ 
Hubungan humas dengan karyawan
§ 
Hubungan humas dengan pemegang saham
2.      Humas eksternal
§ 
Hubungan humas dengan komunitas
§ 
Hubungan humas dengan pelanggang
§ 
Hubungan humas dengan media masa dan pers
§ 
Hubungan humas dengan pemerintah
§ 
Hubungan humas dengan internal PR
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     :
Pendekatan Scientific
Model              :
Model Pembelajaran Alternatif Roll Playing
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
20-22 (2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang kegiatan humas intenal dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan kegiatan humas intenal. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang kegiatan humas intenal. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh, dan membuat simulasi kegiatan humas internal
  secara berkelompok.  
Komunikasi 
Menampilkan
  simulasi kegiatan humas internal secara berkelompok. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan
22-23 (2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
  materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang kegiatan humas eksternal dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan kegiatan humas eksternal. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang kegiatan humas intenal. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh, dan membuat simulasi kegiatan humas internal
  secara berkelompok.  
Komunikasi 
Menampilkan
  simulasi kegiatan humas internal secara berkelompok. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§ 
Media
Power Point
§ 
Alat dan Bahan
1.     
Proyektor
2.     
Laptop
3.     
Whiteboard
4.     
Spidol
§ 
Sumber Belajar
1.     
Modul Humas dan Keprotokolan
2.     
LKS buatan guru
3.     
Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4.     
Sumber referensi terkait
Penilaian
1.      Evaluasi Kognitif  : Tes Tulis dan Penugasann
2.      Evaluasi Afektif    : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3.      Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran                      : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester                    : XI/2
Pertemuan Ke-                      :
1-12 
Alokasi Waktu                       : 12 x 2 JP (24 JP)
Kompetensi Inti
KI 1   :             
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :            
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3   :            
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :            
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Kompetensi Dasar
3.4.
Mendeskripsikan ruang lingkup pengelolaan pertemuan
4.4. Mengelola
pertemuan
Indikator
1.     
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan
2.     
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan
3.      Menjelaskanpengertian pertemuan dengan bahasa
sendiri.
4.      Menjelaskan
fungsi-fungsi pertemuan.
5.      Menyebutkanjenis-jenis pertemuan.
6.      Mendeskripsikan
tujuan pertemuan.
7.      Mendeskripsikan
syarat-syarat pertemuan yang baik.
8.      Mendeskripsikan
tipe peserta dan pemimpin.
9.      Mendeskripsikan
teknik pengendalian pertemuan.
10.  Membuat
perencanaan pertemuan.
11.  Mempraktekan
pelaksanaan pertemuan.
Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapatmendeskripsikan pengertian pertemuandengan benar.
2.      Siswa dapatmendeskripsikan pengertian pertemuandengan benar.
3.      Siswa dapatmendeskripsikan fungsi pertemuandengan benar.
4.      Siswa dapatmendeskripsikan jenis-jenis pertemuandengan benar.
5.      Siswa dapatmendeskripsikan tujuan pertemuandengan benar.
6.      Siswa dapatmendeskripsikan syarat-syarat pertemuan yang baikdengan
benar.
7.      Siswa dapatmendeskripsikan tipe peserta dan pemimpiindengan benar.
8.      Siswa dapatmendeskripsikan teknik pengendalian pertemuandengan benar.
9.      Siswa dapatmembuat perencanaan pertemuandengan benar.
10.  Siswa dapatmempraktekan pelaksanaan pertemuandengan benar.
Materi Ajar    
1.      Pengertian pertemuan
2.      Fungsi pertemuan
3.      Jenis-jenis pertemuan
4.      Tujuan pertemuan
5.      Syarat-syarat pertemuan yang baik
6.      Tipe peserta dan pemimpiin
7.      Teknik pengendalian pertemuan
8.      Perencanaan pertemuan
9.      Pelaksanaan pertemuan
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     :
Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran AlternatifMind
Mapping, Snow Ball Throwing, dan Jigsaw
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang materi pengertian pertemuan dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan pengertian pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pengertian pertemuan.
  Kemudian guru membimbing siswa untuk mencari pengetian pertemuan berdasarkan
  pendapat tokoh dalam bentuk mind mapping dan kesimpulan pendapat kelompok. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 2 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang fungsi pertemuan dari power point yang ditayangkan
  oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan fungsi pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang fungsi pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh. Kemudian masing-masing kelompok membuat satu
  pertanyaan yang berkaitan dengan materi dalam selembar kertas yang kemudian
  dibentuk menjadi bola. 
Komunikasi 
Tiap
  kelompok melempar bola pertanyaan pada kelompok lain. Kelompok yang mendapat
  pertanyaan menjawab isi pertanyaan tersebut dan di presentasikan. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 3 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang jenis-jenis pertemuan dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan jenis-jenis pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang jenis-jenis pertemuan.
  Masing-masing kelompok diberikan satu sub materi tentang jenis-jenis
  pertemuan untuk dibahsa kembali. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 4 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang tujuan pertemuan dari power point yang ditayangkan
  oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan tujuan pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tujuan pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 5 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang syarat-syarat pertemuan dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan syarat-syarat pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang syarat-syarat pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari
  pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 6 (1 x
2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang tipe-tipe peserta dan pemimpin pertemuan dari
  power point yang ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan tipe-tipe peserta dan pemimpin pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tipe-tipe peserta dan
  pemimpin pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 7-8 (2
x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang teknik pengendalian pertemuan dari power point
  yang ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan teknik pengendalian pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang teknik pengendalian
  pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 9-10
(2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang perencanaan pertemuan dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan perencanaan pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang perencanaan pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 11-12
(2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang pelaksanaan pertemuan dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan pelaksanaan pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pelaksanaan pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§ 
Media
Power Point
§ 
Alat dan Bahan
1.     
Proyektor
2.     
Laptop
3.     
Whiteboard
4.     
Spidol
§ 
Sumber Belajar
1.     
Modul Mengelola Pertemuan oleh Sri Endang/ Sri Mulyani/
Suyetti
2.     
LKS buatan guru
3.     
Sumber referensi terkait
Penilaian
1.      Evaluasi Kognitif  : Tes Tulis dan Penugasann
2.      Evaluasi Afektif    : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3.      Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran                      : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester                    : XI/2
Pertemuan Ke-                      :
13-20 
Alokasi Waktu                       : 8 x 2 JP (16 JP)
Kompetensi Inti
KI 1   :             
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :            
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3   :            
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :            
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Kompetensi Dasar
3.5. Menguraikan
sistematika laporan
4.12. Membuat
laporan pertemuan
Indikator
1.     
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan
2.     
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan
3.      Menguraikan
sistematika penulisan notula
4.      Mendeskripsikan bentuk catatan pertemuan
5.      Menjelaskan fungsi catatan pertemuan
6.      Mendeskripsikan teknik penyusunan notula
7.      Membuat laporan pertemuan
Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menguraikan sistematika penulisan notuladengan benar.
2.      Siswa dapat mendeskripsikan bentuk catatan pertemuandengan benar.
3.      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi catatan pertemuan dengan benar.
4.      Siswa dapat mendeskripsikan teknik penyusunan notula dengan benar.
5.     
Siswa dapat membuat laporan pertemuandengan
benar.
Materi Ajar    
1.      Sistematika penulisan notula
2.      Bentuk catatan pertemuan
3.      Fungsi catatan pertemuan
4.      Teknik penyusunan notula
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     :
Pendekatan Scientific
Model              :
Model Pembelajaran Alternatif
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 13-14
(2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang sistematika penulisan notula dari power point yang
  ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan sistematika penulisan notula. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang sistematika penulisan notula. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 15-16
(2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang materibentuk catatan pertemuan dari power point
  yang ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan bentuk catatan pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang bentuk catatan pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 17-18
(2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang materifungsi catatan pertemuan dari power point
  yang ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan fungsi catatan pertemuan. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang fungsi catatan pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Pertemuan 19-20
(2 x 2 JP)
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan  | 
Orientasi 
-   
  Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
  siswa. 
-   
  Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
  dipelajari sebelumnya. 
-   
  Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
  dipelajari. 
Apersepsi            
-    Guru
  memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
  dipelajari untuk menarik perhatian siswa. 
Motivasi 
-   
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
-   
  Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
  pentingnya materi yang akan disampaikan. 
Pemberian acuan 
-   
  Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
  dipelajari. 
-   
  Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar. 
-   
  Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. | 
15 Menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
Mengamati
  berbagai informasi tentang materiteknik penyusunan notula dari power point
  yang ditayangkan oleh guru. 
Menanya 
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
  yang berkaitan dengan teknik penyusunan notula. 
Eksperimen/Explore 
Mengumpulkan
  data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang teknik penyusunan notula.
  Kemudian siswa melakukan praktek membuat notula sebagai bentuk laporan dari
  pertemuan. 
Mengasosiasikan  
Mendiskusikan
  hasil data yang diperoleh.  
Komunikasi 
Mempresentasikan
  hasil diskusi. | 
60 Menit | 
| 
Penutup | 
-   
  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  dengan bimbingan guru. 
-   
  Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
  siswa dirumah. 
-   
  Guru menginformasikan tentang materi yang akan
  dipelajari pada pertemuan yang akan datang. 
-   
  Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
  selalu belajar dan tetap semangat. | 
15 Menit | 
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§ 
Media
Power Point
§ 
Alat dan Bahan
1.     
Proyektor
2.     
Laptop
3.     
Whiteboard
4.     
Spidol
§ 
Sumber Belajar
1.     
Modul Mengelola Pertemuan oleh Sri Endang/ Sri Mulyani/
Suyetti
2.     
LKS buatan guru
3.     
Sumber referensi terkait
Penilaian
1.      Evaluasi Kognitif  : Tes Tulis dan Penugasann
2.      Evaluasi Afektif    : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3.      Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
 
bu,punya yang kelas 3 nya ngga?
BalasHapusMaaf tidak punya :)
BalasHapusmaaf kompetensi dasarnya kok tdk cocok dengan urutan dislabus apa boleh merubah silabus
BalasHapusMaaf silabus yg mana ya? Saya buat rpp ini KD nya sudah sesuai dengan silabus yg saat itu digunakan di sekolah.
BalasHapusKurikulum 2013 kan silabus di buat pemerintah. Jadi tidak bisa di ubah.
Kalo ada kesalahan mohon maklum. Karena masih belajar.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Hapuslink downloadnya di mana y bu..
BalasHapusbisa di kirimin lewat email gak bu..
BalasHapusobihabibullah07@gmail.com
minta tolong kirim ke email aguspengusahamuda@gmail.com
BalasHapusBoleh minta dikirim ke email saya ga
BalasHapusbu .
Yg mau pesan perangkat otms lengkap
BalasHapusSilahkan hub saya
081312447376
Bu boleh minta saya file lengkapnya bu
BalasHapus