Jumat, 21 November 2014

CONTOH RPP ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN

Mata Pelajaran             : ADM. HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas/Semester              : XI/1
Pertemuan Ke-              : 1 - 13
Alokasi Waktu              : 13 x 2 JP (26 JP)

Kompetensi Inti
KI 1   :      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan Ruang Lingkup Humas
4.1. Mengelola Kegiatan Humas

Indikator
1.      Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap keteraturan.
2.      Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas dan Keprotokolan.
3.      Menjelaskan definisi humas dengan bahasa sendiri.
4.      Menjelaskan definisi public relation dengan bahasa sendiri.
5.      Mendeskripsikan konsep humas dan latar belakang konsep humas.
6.      Menjelaskan karakteristik humas sesuai dengan aspeknya.
7.      Menjelaskan sejarah perkembangan humas di dunia.
8.      Memaparkan tujuan humas.
9.      Menjelaskan tugas dan fungsi humas menurut beberapa pendapat ahli.
10.  Menjelaskan peran humas dalam sebuah organisasi.
11.  Mengidentifikasiprosedur kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnya.
12.  Menjabarkantugas humas dalam organisasi.
13.  Menjelaskan macam-macam media yang digunakan oleh humas
14.  Menjelaskan macam-macam humas yang ada di Indonesia.
15.  Merencanakan kegiatan humas sederhana.
16.  Mengelola kegiatan humas sederhana.


Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan dengan tepat definisi humas dengan bahasa sendiri.
2.      Siswa dapat menjelaskan dengan tepat definisi public relation dengan bahasa sendiri.
3.      Siswa dapat mendeskripsikandengan tepat konsep humas dan latar belakang konsep humas.
4.      Siswa dapat menjelaskan dengan benar karakteristik humas sesuai dengan aspeknya.
5.      Siswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan humas di dunia dengan benar.
6.      Siswa dapat memaparkan tujuan humas dengan benar.
7.      Siswa dapat menjelaskan tugas dan fungsi humas menurut beberapa pendapat ahli dengan benar.
8.      Siswa dapat menjelaskan peran humas dalam sebuah organisasi dengan benar.
9.      Siswa dapat mengidentifikasi prosedur kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnyadengan tepat.
10.  Siswa dapat menjabarkan tugas humas dalam organisasidengan benar.
11.  Siswa dapat menjelaskan macam-macam media yang digunakan oleh humas dengan benar.
12.  Siswa dapat menjelaskan macam-macam humas yang ada di Indonesia dengan benar.
13.  Siswa dapat merencanakan kegiatan humas sederhanadengan baik.
14.  Siswa dapat mengelola kegiatan humas sederhana dengan baik.

Materi Ajar   
1.      Definisi humas
2.      Definisi public relation
3.      Konsep humas
4.      Karakteristik humas
5.      Sejarah perkembangan humas
6.      Tujuan humas
7.      Tugas dan fungsi humas
8.      Peran humas
9.      Prosedur kerja humas
10.  Tugas humas dalam organisasi
11.  Media humas
12.  Macam-macam humas

Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif:
1.      Numbered Heads Together
2.      Jigsaw
3.      Make a Match
4.      Cooperative Script
5.      Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
6.      Problem Based Introductuon (PBI)
7.      Mind Mapping
8.      Think Pair and Share
9.      Group Investigation
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan












Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Numbered Heads Together
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, masing-masing anggota kelompok memiliki nomor.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Siswa mengamati berbagai informasi tentang definisi humas dan definisi public relations dari power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan definisi humas dan definisi public relations.
Eksperimen/Explore
-    Guru memberikan tugas pada masing-masing kelompok
-    Siswa mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang tugas yang diberikan oleh guru mengenai definisi humas dan definisi public relations.
Mengasosiasikan
-    Mendiskusikan hasil data yang diperoleh secara berkelompok dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
Komunikasi
-    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
-    Meminta tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit
Pertemuan 2 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Jigsaw
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-   Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-   Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-   Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi          
-   Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-   Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-   Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-   Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-   Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, tiap kelompok diberikan tugas untuk mempelajari sub materi yang berakitan dengan konsep humas.
15 Menit
Inti
Mengamati
-   Mengamati berbagai informasi tentang konsep humas dari power point yang disampaikan oleh kelompok yang bertugas sebagai pemateri.
Menanya
-   Memberikan kesempatan kepada kelompok lainnya untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan konsep humas yang dibahas oleh pemateri.
Eksperimen/Explore
-   Mengumpulkan data yang diperoleh dari semua kelompok pemateri dan sumber lainnya tentang konsep humas secara berkelompok.
Mengasosiasikan
-   Mendiskusikan perbedaan konsep humas berdasarkan hasil data yang diperoleh secara berkelompok.
Komunikasi
-   Mempresentasikan hasil diskusi tentang perbedaan konsep humas secara berkelompok. Kemudian diberi tanggapan oleh kelompok lainnya.
60 Menit
Penutup
-   Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-   Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-   Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-   Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit







Pertemuan 3 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Numbered Head Together
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, masing-masing anggota kelompok memiliki nomor.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Mengamati berbagai informasi tentang karakteristik humas dari power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik humas.
Eksperimen/Explore
-    Siswa menyimak video dari perhumas tentang karakteristik humas.
-    Siswa mengumpulkan data dari video tentang karakteristik humas.
Mengasosiasikan
-    Mendiskusikan hasil data yang diperoleh dari video secara berkelompok.
Komunikasi
-    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
-    Meminta tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit





Pertemuan 4-5 (2 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Make a Match
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-   Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-   Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-   Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi          
-   Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-   Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-   Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-   Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-   Guru membagikan kartu pada masing-masing siswa. Tiap kartu berisi tahun dan keterangan kejadian yang berkaitan dengan materi sejarah perkembangan humas.
15 Menit
Inti
Mengamati
-   Mengamati berbagai informasi tentang sejarah perkembangan humas dari power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-   Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah perkembangan humas.
Eksperimen/Explore
-   Mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang sejarah perkembangan humas.
Mengasosiasikan
-   Mendiskusikan hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
-   Guru membimbing siswa untuk mencari pasangan dari masing-masing kartu yang diperoleh, kemudian mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
60 Menit
Penutup
-   Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-   Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-   Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-   Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit







Pertemuan 6 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Cooperative Script
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa di dalam kelas secara berpasang-pasangan.
-    Guru membagikan pokok materi yang akan di bahas.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Secara bergantian siswa dengan pasangannya mengamati berbagai informasi tentang materi tujuan humas.
Menanya
-    Setelah seluruh siswa selesai secara bergantian membahas materi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan humas.
Eksperimen/Explore
-    Guru memberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, kemudian mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang tujuan humas.
Mengasosiasikan
-    Secara berpasangan siswa mendiskusikan pertanyaan sesuai dengan data yang diperoleh.
Komunikasi
-    Guru menunjuk kelompok siswa secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi.
60 Menit
Penutup
-    Guru kembali memanggil nomor siswa secara acak untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit






Pertemuan 7-8 (2 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari empat orang.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Mengamati berbagai informasi tentang tugas dan fungsi humas dari power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi humas.
Eksperimen/Explore
-    Guru memberikan tugas berkaitan dengan tugas dan fungsi humas untuk dibahas secara berkelompok.
Mengasosiasikan
-    Anggota kelompok yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota memahami tentang tugas yang diberikan.
Komunikasi
-    Guru memberikan kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa secara bergantian. Ketika menjawab kuis/pertanyaan siswa tidak boleh saling membantu.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit







Pertemuan 9 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Problem Based Introductuon (PBI)
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Mengamati berbagai informasi tentang peran humas dari power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan peran humas.
Eksperimen/Explore
-    Guru memberikan masalah yang terjadi di perusahaan. Kemudian siswa memecahkan masalah tersebut berdasarkan peran humas.
Mengasosiasikan
-    Siswa mendiskusikan masalah yang diberikan oleh guru. Kemudian mencari alternative solusi yang terbaik.
Komunikasi
-    Mempresentasikan hasil diskusi.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit
                                  









Pertemuan 10 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Mind Mapping
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Guru menyampaikan materi tentang prosedur kerja humas berupa mind mapping.
-    Siswa mengamati informasi tentang prosedur kerja humas yang disampaikan oleh guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan prosedur kerja humas.
Eksperimen/Explore
-    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk memberikan penjelasan mengenai pokok materi yang disampaikan melalui mind mapping
Mengasosiasikan
-    Siswa mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru.
Komunikasi
-    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit









Pertemuan 11 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Think Pair and Share
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang akan dicapai. Kemudian memberikan tugas kepada siswa untuk berfikir tentang inti materi yang disampaikan.
-    Siswa memperhatikan penjelasan guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru.
Eksperimen/Explore
-    Siswa mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang tugas humas dalam organisasi.
Mengasosiasikan
-    Siswa mendiskusikan hasil data yang diperoleh secara berkelompok dan saling menjelsakan satu sama lain.
Komunikasi
-    Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya. Kemudian guru menambahkan penjelasan materi yang belum disampaikan oleh siswa.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit







Pertemuan 12 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Make a Match
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Siswa mengamati berbagai informasi tentang media humas dari power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan media humas.
Eksperimen/Explore
-    Guru memberikan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban tentang materi media humas.
Mengasosiasikan
-    Guru mengawali memberikan pertanyaan dan meminta siswa yang memegang kartu ynag berisi jawaban untuk maju kedepan dan menempelkan kartu tersebut. Selanjutnya siswa membacakan pertanyaan lain yang terdapat dalam kartu dan siswa lainnya maju untuk memberikan jawaban, begitu seterusnya sampai selesai.
Komunikasi
-    Guru bersama dengan siswa membahas kebenaran jawaban siswa.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit








Pertemuan 13 (1 x 2 JP)
Pendekatan      : Pendekatan Scientific
Model              : Model Pembelajaran Alternatif Group Investigation
Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi           
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
15 Menit
Inti
Mengamati
-    Guru menjelaskan tentang pokok materi tentang macam-macam humas dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kemudian memanggil ketua kelompok untuk memberikan sub materi yang akan dibahas oleh kelompok.
Menanya
-    Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas yang diberikan.
Eksperimen/Explore
-    Mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang macam-macam humas.
Mengasosiasikan
-    Mendiskusikan hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
-    Mempresentasikan hasil diskusi.
60 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
15 Menit









Media, Alat, dan Sumber Belajar
§  Media
Power Point
§  Alat dan Bahan
1.      Proyektor
2.      Laptop
3.      Whiteboard
4.      Spidol
§  Sumber Belajar
1.      Modul Humas dan Keprotokolan
2.      LKS buatan guru
3.      Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4.      Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Galia Indonesia.
5.      Sumber referensi terkait

Penilaian
1.      Evaluasi Kognitif   : Tes Tulis dan Penugasann
2.      Evaluasi Afektif    : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta Didik, dan Jurnal
3.      Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
(Lembar Penilaian Terlampir)



Disusun oleh,


Ani Atih

3 komentar: