Mata Pelajaran : ADM. HUMAS
DAN KEPROTOKOLAN
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan Ke- : 1 - 13
Alokasi Waktu : 13 x 2 JP (26 JP)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
3.1. Mendeskripsikan Ruang Lingkup Humas
4.1. Mengelola Kegiatan Humas
Indikator
1. Mensyukuri kebesaran Tuhan
yang ditunjukan dengan sikap keteraturan.
2. Terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran Humas dan Keprotokolan.
3. Menjelaskan definisi humas
dengan bahasa sendiri.
4. Menjelaskan definisi public
relation dengan bahasa sendiri.
5. Mendeskripsikan konsep humas
dan latar belakang konsep humas.
6. Menjelaskan karakteristik
humas sesuai dengan aspeknya.
7. Menjelaskan sejarah
perkembangan humas di dunia.
8. Memaparkan tujuan humas.
9. Menjelaskan tugas dan fungsi
humas menurut beberapa pendapat ahli.
10.
Menjelaskan peran humas dalam sebuah organisasi.
11.
Mengidentifikasiprosedur kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnya.
12.
Menjabarkantugas humas dalam organisasi.
13.
Menjelaskan macam-macam media yang digunakan oleh humas
14.
Menjelaskan macam-macam humas yang ada di Indonesia.
15.
Merencanakan kegiatan humas sederhana.
16. Mengelola kegiatan humas
sederhana.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
dengan tepat definisi humas dengan bahasa sendiri.
2. Siswa dapat menjelaskan
dengan tepat definisi public relation dengan bahasa sendiri.
3. Siswa dapat
mendeskripsikandengan tepat konsep humas dan latar belakang konsep humas.
4. Siswa dapat menjelaskan
dengan benar karakteristik humas sesuai dengan aspeknya.
5. Siswa dapat menjelaskan
sejarah perkembangan humas di dunia dengan benar.
6. Siswa dapat memaparkan
tujuan humas dengan benar.
7. Siswa dapat menjelaskan
tugas dan fungsi humas menurut beberapa pendapat ahli dengan benar.
8.
Siswa dapat menjelaskan peran humas dalam sebuah organisasi dengan
benar.
9.
Siswa dapat mengidentifikasi prosedur kerja humas sesuai dengan
tahap-tahapnyadengan tepat.
10.
Siswa dapat menjabarkan tugas humas dalam organisasidengan benar.
11.
Siswa dapat menjelaskan macam-macam media yang digunakan oleh humas
dengan benar.
12.
Siswa dapat menjelaskan macam-macam humas yang ada di Indonesia dengan
benar.
13.
Siswa dapat merencanakan kegiatan humas sederhanadengan baik.
14.
Siswa dapat mengelola kegiatan humas sederhana dengan baik.
Materi Ajar
1. Definisi humas
2.
Definisi public relation
3.
Konsep humas
4.
Karakteristik humas
5.
Sejarah perkembangan humas
6.
Tujuan humas
7.
Tugas dan fungsi humas
8. Peran humas
9. Prosedur kerja humas
10. Tugas humas dalam organisasi
11. Media humas
12. Macam-macam humas
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif:
1. Numbered Heads Together
2. Jigsaw
3. Make a Match
4. Cooperative Script
5. Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
6. Problem Based Introductuon (PBI)
7. Mind Mapping
8. Think Pair and Share
9. Group Investigation
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (1
x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Numbered
Heads Together
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkan salam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
- Guru memberikan pertanyaan
kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik
perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok, masing-masing anggota kelompok memiliki nomor.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Siswa mengamati
berbagai informasi tentang definisi humas dan definisi public relations dari
power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan definisi humas dan definisi public relations.
Eksperimen/Explore
- Guru
memberikan tugas pada masing-masing kelompok
- Siswa mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang tugas yang diberikan oleh guru mengenai definisi
humas dan definisi public relations.
Mengasosiasikan
- Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh secara berkelompok dan memastikan tiap anggota
kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
Komunikasi
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok dengan memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil
melaporkan hasil kerjasama mereka.
- Meminta tanggapan dari teman
yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 2 (1
x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Jigsaw
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkan salam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian
acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok, tiap kelompok diberikan tugas untuk mempelajari sub
materi yang berakitan dengan konsep humas.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Mengamati
berbagai informasi tentang konsep humas dari power point yang disampaikan
oleh kelompok yang bertugas sebagai pemateri.
Menanya
-
Memberikan kesempatan kepada kelompok lainnya untuk
menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan konsep humas yang dibahas oleh
pemateri.
Eksperimen/Explore
- Mengumpulkan
data yang diperoleh dari semua kelompok pemateri dan sumber lainnya tentang
konsep humas secara berkelompok.
Mengasosiasikan
- Mendiskusikan perbedaan
konsep humas berdasarkan hasil data yang diperoleh secara berkelompok.
Komunikasi
- Mempresentasikan
hasil diskusi tentang perbedaan konsep humas secara berkelompok. Kemudian
diberi tanggapan oleh kelompok lainnya.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 3 (1
x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Numbered
Head Together
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkan salam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian
acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok, masing-masing anggota kelompok memiliki nomor.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Mengamati
berbagai informasi tentang karakteristik humas dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan karakteristik humas.
Eksperimen/Explore
-
Siswa
menyimak video dari perhumas tentang karakteristik humas.
- Siswa mengumpulkan data dari video
tentang karakteristik humas.
Mengasosiasikan
- Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh dari video secara berkelompok.
Komunikasi
-
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok dengan memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor
yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
- Meminta tanggapan dari teman yang lain,
kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 4-5
(2 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Make a
Match
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkan salam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian
acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagikan kartu pada
masing-masing siswa. Tiap kartu berisi tahun dan keterangan kejadian yang
berkaitan dengan materi sejarah perkembangan humas.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Mengamati
berbagai informasi tentang sejarah perkembangan humas dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan sejarah perkembangan humas.
Eksperimen/Explore
- Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang sejarah perkembangan humas.
Mengasosiasikan
- Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
- Guru membimbing
siswa untuk mencari pasangan dari masing-masing kartu yang diperoleh,
kemudian mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 6 (1
x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Cooperative Script
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkansalam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa di
dalam kelas secara berpasang-pasangan.
- Guru membagikan pokok
materi yang akan di bahas.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Secara
bergantian siswa dengan pasangannya mengamati berbagai informasi tentang materi
tujuan humas.
Menanya
-
Setelah seluruh siswa selesai secara bergantian membahas
materi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan
hal-hal yang berkaitan dengan tujuan humas.
Eksperimen/Explore
- Guru
memberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, kemudian
mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang tujuan humas.
Mengasosiasikan
- Secara
berpasangan siswa mendiskusikan pertanyaan sesuai dengan data yang diperoleh.
Komunikasi
- Guru menunjuk kelompok
siswa secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Guru kembali memanggil
nomor siswa secara acak untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 7-8
(2 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Student Teams-Achievement Divisions
(STAD)
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkansalam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari empat orang.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Mengamati
berbagai informasi tentang tugas dan fungsi humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik untuk menanyakan
hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi humas.
Eksperimen/Explore
- Guru
memberikan tugas berkaitan dengan tugas dan fungsi humas untuk dibahas secara
berkelompok.
Mengasosiasikan
- Anggota
kelompok yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota
memahami tentang tugas yang diberikan.
Komunikasi
- Guru
memberikan kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa secara bergantian. Ketika
menjawab kuis/pertanyaan siswa tidak boleh saling membantu.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 9 (1 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Problem Based Introductuon (PBI)
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkansalam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Mengamati
berbagai informasi tentang peran humas dari power point yang ditayangkan oleh
guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan peran humas.
Eksperimen/Explore
- Guru
memberikan masalah yang terjadi di perusahaan. Kemudian siswa memecahkan
masalah tersebut berdasarkan peran humas.
Mengasosiasikan
- Siswa mendiskusikan
masalah yang diberikan oleh guru. Kemudian mencari alternative solusi yang
terbaik.
Komunikasi
- Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 10 (1 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Mind
Mapping
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkansalam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Guru
menyampaikan materi tentang prosedur kerja humas berupa mind mapping.
- Siswa mengamati
informasi tentang prosedur kerja humas yang disampaikan oleh guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan prosedur kerja humas.
Eksperimen/Explore
- Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk memberikan penjelasan mengenai pokok
materi yang disampaikan melalui mind
mapping.
Mengasosiasikan
- Siswa mendiskusikan
tugas yang diberikan oleh guru.
Komunikasi
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok di depan kelas.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 11 (1 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Think Pair
and Share
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkan salam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Guru
menyampaikan inti materi dan kompetensi yang akan dicapai. Kemudian
memberikan tugas kepada siswa untuk berfikir tentang inti materi yang
disampaikan.
- Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru.
Eksperimen/Explore
- Siswa
mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang tugas humas dalam organisasi.
Mengasosiasikan
- Siswa mendiskusikan
hasil data yang diperoleh secara berkelompok dan saling menjelsakan satu sama
lain.
Komunikasi
- Tiap kelompok
mengemukakan hasil diskusinya. Kemudian guru menambahkan penjelasan materi
yang belum disampaikan oleh siswa.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 12 (1 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Make a
Match
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkansalam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Siswa mengamati
berbagai informasi tentang media humas dari power point yang ditayangkan oleh
guru.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan media humas.
Eksperimen/Explore
- Guru
memberikan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban tentang materi media
humas.
Mengasosiasikan
- Guru mengawali
memberikan pertanyaan dan meminta siswa yang memegang kartu ynag berisi
jawaban untuk maju kedepan dan menempelkan kartu tersebut. Selanjutnya siswa
membacakan pertanyaan lain yang terdapat dalam kartu dan siswa lainnya maju
untuk memberikan jawaban, begitu seterusnya sampai selesai.
Komunikasi
- Guru bersama
dengan siswa membahas kebenaran jawaban siswa.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 13 (1 x 2 JP)
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Group Investigation
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
- Guru mengucapkansalam,
menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
- Guru mengingatkan kembali
materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Guru memberikan gambaran
tentang materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi
yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
- Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
- Guru menyampaikan
pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
- Guru menjelaskan mekanisme
kegiatan belajar mengajar.
- Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
- Guru
menjelaskan tentang pokok materi tentang macam-macam humas dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. Kemudian memanggil ketua kelompok untuk
memberikan sub materi yang akan dibahas oleh kelompok.
Menanya
-
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tugas yang diberikan.
Eksperimen/Explore
- Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang macam-macam humas.
Mengasosiasikan
- Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
- Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
- Siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
- Menyampaikan tugas
individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
- Guru menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
- Guru mengakhiri pelajaran
dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Media, Alat,
dan Sumber Belajar
§ Media
Power
Point
§ Alat dan Bahan
1. Proyektor
2. Laptop
3. Whiteboard
4. Spidol
§ Sumber Belajar
1. Modul Humas dan Keprotokolan
2. LKS buatan guru
3. Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar Humas. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
4.
Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Galia Indonesia.
5. Sumber referensi terkait
Penilaian
1. Evaluasi Kognitif : Tes Tulis dan Penugasann
2. Evaluasi Afektif : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta Didik, dan
Jurnal
3. Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
(Lembar Penilaian Terlampir)
Disusun oleh,
Ani Atih
Boleh saya beli buku dasar dasar humas
BalasHapusBuku dasar2 humas penulisnya Frida Kusumastuti
HapusBoleh saya beli buku dasar dasar humas penulisnya Frida Kusumastuti
BalasHapus