Mengingat kompleksnya
pekerjaan kantor saat ini, maka diperlukan perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan
demi meningkatkan produktifitas pekerjaan. Untuk itu otomatisasi kantor ada untuk merencanakan penggabungan
pekerjaan kantor dengan teknologi tinggi menggunakan peralatan alat elektronik
yang dapat mempermudah pekerjaan tersebut.
Otomatisasi adalah Penggunaan
mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia.
Otomatisasi kantor (office automation atau oa) adalah semua system elektronik
formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada
dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan.[1]
Sistem elektronik formal, didokumentasikan dengan suatu sistem prosedur
tertulis. diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan organisasi,
mirip dengan SIM. Sistem elektronik informal, tidak direncanakan atau
diuraikan secara tertulis. sistem-sistem oa ini diterapkan saat diperlukan oleh
perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri, mirip dengan DSS.[2]
OA dimaksudkan untuk memudahkan segala
jenis komunikasi, baik lisan maupun tertulis, tidak hanya di antara orang-orang
di dalam perusahaan, tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
APLIKASI OA
1. Pengolahan Data
Adalah penggunaan alat elektronik yang secara otomatis
melaksanakan banyak tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang ditik
atau dicetak.
2. Surat elektronik
Dikenal sebagai E-mail, adalah penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima
pesan-pesan deengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
3. Voice mail
Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim
dengan mengucapkannya kedalam telepon. Telepon juga digunakan untuk mengambil
pesan-pesan yang telah dikirimkan. Voice mail memerlukan komputer dengan
kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya
kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil. Tiap pemakai mempunyai voice
mailbox dalam penyimpanan sekunder, dan peralatan khusus mengubah pesan audio
ke dan dari bentuk digital.
4. Kalender elektronik
Adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan
mengambil kalender pertemuan manajer. Cara kerjanya mirip seperti organizer.
Manajer atau sekretaris dapat memasukkan pertemuan-pertemuan, membuat perubahan
dan menelaah kalender itu dengan menggunakan keyboard. Konfigurasi peralatannya
sama dengan e-mail. Biasanya perangkat lunak e-mail menyertakan kemampuan
kalender elektronik
5. Konferensi Audio
Adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk
membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara
geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi. Telepon koferensi (conference
call) merupakan bentuk pertama konferensi audio dan masih digunakan. Konferensi
audio tidak memerlukan komputer, hanya melibatkan fasilitas komunikasi audio
dua arah.
Keuntungan konferensi audio :
Keuntungan konferensi audio :
·
Biaya peralatan yang diperlukan untuk konferensi audio
berada dalam jangkauan semua perusahaan.
·
Orang-orang merasa santai berbicara di telepon.
·
Konferensi audio dapat disiapkan dalam waktu singkat
6. Konferensi video
Adalah penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan
para peserta konferensi yang tersebar secara geogrrafis. Peralatan tersebut
menyediakan hubungan audio dan video. Seperti konferensi audio, konferensi
video tidak memerlukan computer. 3 konfigurasi dasar
konferensi video, berdasarkan kemampuan sinyalnya :
·
Video Satu Arah dan Audio Satu Arah
Sinyal video dan audio dikirimkan dari satu tempat transmisi kesatu atau
beberapa tempat penerimaan.
·
Video Satu Arah dan Audio Dua Arah
Kemampuan
audio dua arah memungkinkan orang ditempat penerimaan berbicara dengan orang di tempat transmisi sementara semua
orang melihat pada gambar video yang sama.
·
Video dan Audio Dua Arah
Komunikasi
audio dan video antara semua tempat berlangsung duaarah. Cara ini merupakan
pendekatan konferensi yang paling mahal.
7. Konferensi Komputer
·
Terdapat perbedaan yang tipis antara konferensi komputer
dengan e-mail. Kedua aplikasi menggunakan perangkat lunak yang sama dan
konfigurasi peralatan yang sama. Yang membedakan adalah orang yang menggunakan
sistem dan masalah yang dibahas.
·
Konferensi komputer adalah penggunaan jaringan komputer
untuk memungkinkan para anggota tim pemecahan masalah bertukar informasi
mengenai masalah yang sedang dipecahkan.
·
Sebaliknya, e-mail dapat digunakan oleh siapa pun dengan
akses ke sistem dan untuk tujuan apa pun.
·
Konferensi komputer dapat digunakan dalam satu tempat
geografis. Teleconferencing mencakup tiga bentuk konferensi elektronik yaitu
audio, video dan komputer.
8. Transmisi faxsimili
· FAX, singkatan
dari facsimile transmision, adalah penggunaan peralatan khususyang dapat
membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya
di ujung yang lain. Saluran komunikasinya sangat sering berbentuk saluran
telepon biasa.
· Fax
berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada anggota
tim yang lain secara cepat dan mudah, tanpa dibatasi oleh letak geografis
mereka. Semua yang difotokopi dapat ditransmisikan melalui fax.
9.Videotext
Penggunaan komputer untuk menampilkan
pada layar CRT materi narasi dan grafik yang tersimpan. Untuk menyediakan
informasi dalam bentuk videotext, terdapat tiga sumber utama bahannya, yaitu :
§ Menciptakan
file videotext pada komputernya sendiri.
§ Berlangganan
jasa videotext, yang memungkinkan pemakai untuk mengakses file videotext
·
yang disediakan oleh jasa tersebut.
§ Memperoleh
akses ke file videotext dari perusahaan lain.
10. Pencitraan (imaging)
Merupakan penggunaan pengenal karakter
secara optik (optical character recognition) untuk mengubah catatan-catatan
kertas atau microfilm menjadi format digital untuk disimpan didalam alat
penyimpanan sekunder . Kemudian citra tersebut dapat diambil untuk ditampilkan
atau dicetak.
11. Deskstop Publishing (DTP)
Adalah penggunaan komputer untuk
menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan
oleh typesetter. Sistem DTP berbentuk suatu konfigurasi komputer mikro yang
mencakup layar CRT resolusi tinggi dan printer laser, dan dikendalikan oleh
perangkat lunak DTP. Layar resolusi tinggi memungkinkan operator menampilkan
citra dalam bentuk WYSIWYG ( What You See Is What You Get). Tampilan layar sama
persis dengan salinan kertas yang dihasilkan oleh printer laser.
Dengan
demikian, diharapkan otomatisasi kantor dapat menggabungkan dan menerapkan
teknologi untuk memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor sehingga
peningkatan produktifitas dan efektifitas
pekerjaantercapai yang pada akhirnya pendapatan perusahaanpun dapat lebih
tinggi.[3]
DAFTAR
PUSTAKA
betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id
http://chanlarasati.blogspot.com/2010/10/v-behaviorurldefaultvmlo_27.html
http://idoferdianpoltekmlg.wordpress.com/2012/06/03/artikel-tentang-otomatisasi-perkantoran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar