RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kompetensi
Keahlian : Teknik
Instalasi Tenaga Listrik
Kelas/Semester : XI/Genap
Mata Pelajaran : Dasar dan Pengukuran Listrik
Alokasi Waktu : 16 x 35 menit (4
Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pembelajaran
3.11.Menerapkan
hukum-hukum rangkaian listrik arus bolak-balik
Indikator:
3.11.1 Menjelaskan analisa
rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai
maksimum, dan nilai efektif (RMS)
3.11.2 Menjelaskan respon
elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor
(leading)
3.11.3 Mendeskripsikan
rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
3.11.4 Menjelaskan teori resonansi
3.11.5 Mendeskrispsikan daya
dan faktor daya
3.11.6 Mendeskripsiskan sistem
tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
3.11.7 Menjelaskan fasor dan
bilangan komplek
4.11.
Memeriksa
rangkaian listrik arus bolak-balik
Indikator:
4.11.1 Menunjukkan analisa
rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai
maksimum, dan nilai efektif (RMS)
4.11.2 Menunjukkan respon
elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor
(leading)
4.11.3 Mendemonstrasikan rangkaian
seri/paralel RL, RC dan RLC
4.11.4 Mendemonstrasikan
gejala resonansi
4.11.5 Menunjukkan daya dan
faktor daya
4.11.6 Mendemonstrasikan sistem
tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
4.11.7 Menunjukkan Fasor dan
bilangan komplek
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini peserta didik dapat:
- Menjelaskan analisa rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai maksimum, dan nilai efektif (RMS)
- Menjelaskan respon elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor (leading)
- Mendeskripsikan rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
- Menjelaskan resonansi
- Mendeskrispsikan daya dan faktor daya
- Mendeskripsiskan sistem tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
- Menjelaskan fasor dan bilangan komplek
- Menunjukkan analisa rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai maksimum, dan nilai efektif (RMS)
- Menunjukkan respon elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor (leading)
- Mendemonstrasikan rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
- Mendemonstrasikan resonansi
- Menunjukkan daya dan faktor daya
- Mendemonstrasikan sistem tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
- Menunjukkan Fasor dan bilangan komplek
D.
Materi Ajar
1. Analisa rangkaian
sinusoida
-
Tegangan
dan arus sinusoida
-
Nilai
sesaat
-
Nilai
maksimum
-
Nilai
efektif (RMS)
2.
Respon
elemen pasif
-
Resistor
(sefasa)
-
Induktor
(lagging)
-
Kapasitor
(leading)
3. Rangkaian seri/paralel
RL
4. Rangkaian seri/paralel
RC
5. Rangkaian seri/paralel
RLC
6. Resonansi
7. Daya dan faktor daya
8. Sistem tiga fasa
-
Hubungan
bintang
-
Hubungan
segitiga
9. Fasor dan bilangan
komplek
E.
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
Scientific
Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
1 (4x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan
mengabsen siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar
mengajar.
|
30 Menit
|
|||||
Inti
|
|
80
Menit
|
|||||
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan
untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
30 Menit
|
Pertemuan
2 (4x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan
mengabsen siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar
mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
30 Menit
|
|||||
Inti
|
|
80
Menit
|
|||||
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan
untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
30 Menit
|
Pertemuan
3 (4x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan
mengabsen siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar
mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
30 Menit
|
|||||
Inti
|
|
80
Menit
|
|||||
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan
untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
30 Menit
|
Pertemuan
4 (4x35 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan
mengabsen siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi
-
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar
mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
30 Menit
|
|||||
Inti
|
|
80
Menit
|
|||||
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan
untuk selalu belajar dan tetap semangat.
|
30 Menit
|
G.
Media, Alat, dan
Sumber Belajar
§
Media
Power Point,
resistor, kapasitor, induktor
§
Alat
dan Bahan
1.
Proyektor
2.
Laptop
3.
Whiteboard
4.
Spidol
§
Sumber
Belajar
1. Buku Rangkaian Listrik,
Schaum Series , Yosep Ed Minister
2. Buku Rangkaian Listrik,
William Hayt
3. Buku referensi dan
artikel yang sesuai
4. Internet
H.
Penilaian Proses
dan Hasil Belajar
§
Teknik
Penilaian : Tes tertulis, Pengamatan sikap, dan Portofolio
§
Bentuk
Instrumen : Tes Uraian, Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik, dan Portofolio
§
Instrument
(Tes dan Non Tes)
(Lembar
Penilaian Terlampir)
Jakarta,
5 Januari 2015
Kepala sekolah
|
Dibuat Oleh
Guru
|
|
............
|
Randi Setiawan
|
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus