Selasa, 06 Oktober 2015

RPP hukum-hukum rangkaian listrik arus bolak-balik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Kompetensi Keahlian           : Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Kelas/Semester                      : XI/Genap
Mata Pelajaran                      : Dasar dan Pengukuran Listrik
Alokasi Waktu                       : 16 x 35 menit (4 Pertemuan)
 

A.    Kompetensi Inti:
KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :  Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
3.11.Menerapkan hukum-hukum rangkaian listrik arus bolak-balik
Indikator:
3.11.1    Menjelaskan analisa rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai maksimum, dan nilai efektif (RMS)
3.11.2    Menjelaskan respon elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor (leading)
3.11.3    Mendeskripsikan rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
3.11.4    Menjelaskan teori  resonansi
3.11.5    Mendeskrispsikan daya dan faktor daya
3.11.6    Mendeskripsiskan sistem tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
3.11.7    Menjelaskan fasor dan bilangan komplek

4.11. Memeriksa rangkaian listrik arus bolak-balik
Indikator:
4.11.1    Menunjukkan analisa rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai maksimum, dan nilai efektif (RMS)
4.11.2    Menunjukkan respon elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor (leading)
4.11.3    Mendemonstrasikan rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
4.11.4    Mendemonstrasikan gejala resonansi
4.11.5    Menunjukkan daya dan faktor daya
4.11.6    Mendemonstrasikan sistem tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
4.11.7    Menunjukkan Fasor dan bilangan komplek


C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini peserta didik dapat:
  • Menjelaskan analisa rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai maksimum, dan nilai efektif (RMS)
  • Menjelaskan respon elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor (leading)
  • Mendeskripsikan rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
  • Menjelaskan resonansi
  •  Mendeskrispsikan daya dan faktor daya
  •  Mendeskripsiskan sistem tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
  • Menjelaskan fasor dan bilangan komplek
  •  Menunjukkan analisa rangkaian sinusoida meliputi: Tegangan dan arus sinusoida, nilai sesaat, nilai maksimum, dan nilai efektif (RMS)
  • Menunjukkan respon elemen pasif meliputi: Resistor (sefasa), induktor (lagging), dan kapasitor (leading)
  •  Mendemonstrasikan rangkaian seri/paralel RL, RC dan RLC
  • Mendemonstrasikan resonansi
  • Menunjukkan daya dan faktor daya
  • Mendemonstrasikan sistem tiga fasa meliputi: Hubungan bintang dan Hubungan segitiga
  • Menunjukkan Fasor dan bilangan komplek


D.    Materi Ajar
1.      Analisa rangkaian sinusoida
-          Tegangan dan arus sinusoida
-          Nilai sesaat
-          Nilai maksimum
-          Nilai efektif (RMS)
2.      Respon elemen pasif
-          Resistor (sefasa)
-          Induktor (lagging)
-          Kapasitor (leading)
3.      Rangkaian seri/paralel RL
4.      Rangkaian seri/paralel RC
5.      Rangkaian seri/paralel RLC
6.      Resonansi
7.      Daya dan faktor daya
8.      Sistem tiga fasa
-          Hubungan bintang
-          Hubungan segitiga
9.      Fasor dan bilangan komplek

E.     Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                      : Pendekatan Scientific
Model Pembelajaran       : Cooperative Learning
Metode                             : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Penugasan

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (4x35 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi          
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
30 Menit
Inti
Mengamati
Mengamati hukum-hukum dan fenomena rangkaian arus bolak-balik, meliputi:
-          Arus dan tegangan sinusoida
-          Nilai sesaat
-          Nilai maksimum
-          Nilai efektif (RMS) 
Menanya
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang : hukum-hukum dan fenomena rangkaian arus bolak-balik, meliputi:
-          Arus dan tegangan sinusoida
-          Nilai sesaat
-          Nilai maksimum
-          Nilai efektif (RMS) 
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang :
-          Arus dan tegangan sinusoida
-          Nilai sesaat
-          Nilai maksimum
-          Nilai efektif (RMS) 
Asosiasi
Mengkategorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhanan sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan:
-          Arus dan tegangan sinusoida
-          Nilai sesaat
-          Nilai maksimum
-          Nilai efektif (RMS) 
Komunikasi
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang:
-          Arus dan tegangan sinusoida
-          Nilai sesaat
-          Nilai maksimum
-          Nilai efektif (RMS) 
80 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
30 Menit


Pertemuan 2 (4x35 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi          
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
30 Menit
Inti
Mengamati
Mengamati hukum-hukum dan fenomena:
-          Respon elemen pasif, meliputi: Resistor (sefasa), Induktor (lagging), dan Kapasitor (leading)
-          Rangkaian seri/paralel RL
-          Rangkaian seri/paralel RC
-          Rangkaian seri/paralel RLC
Menanya
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang:
-          Respon elemen pasif, meliputi: Resistor (sefasa), Induktor (lagging), dan Kapasitor (leading)
-          Rangkaian seri/paralel RL
-          Rangkaian seri/paralel RC
-          Rangkaian seri/paralel RLC
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang :
-          Respon elemen pasif, meliputi: Resistor (sefasa), Induktor (lagging), dan Kapasitor (leading)
-          Rangkaian seri/paralel RL
-          Rangkaian seri/paralel RC
-          Rangkaian seri/paralel RLC
Asosiasi
Mengkategorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhanan sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan:
-          Respon elemen pasif, meliputi: Resistor (sefasa), Induktor (lagging), dan Kapasitor (leading)
-          Rangkaian seri/paralel RL
-          Rangkaian seri/paralel RC
-          Rangkaian seri/paralel RLC
Komunikasi
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang:
-          Respon elemen pasif, meliputi: Resistor (sefasa), Induktor (lagging), dan Kapasitor (leading)
-          Rangkaian seri/paralel RL
-          Rangkaian seri/paralel RC
-          Rangkaian seri/paralel RLC
80 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
30 Menit


Pertemuan 3 (4x35 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi          
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
30 Menit
Inti
Mengamati
Mengamati hukum-hukum dan fenomena meliputi:
-          Resonansi
-          Daya dan faktor daya
Menanya
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: hukum-hukum dan fenomena respon elemen pasif, meliputi:
-          Resonansi
-          Daya dan faktor daya
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang:
-          Resonansi
-          Daya dan faktor daya
Asosiasi
Mengkategorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhanan sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan:
-          Resonansi
-          Daya dan faktor daya
Komunikasi
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang respon elemen pasif, meliputi:
-          Resonansi
-          Daya dan faktor daya
80 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
30 Menit


Pertemuan 4 (4x35 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi
-    Guru memberikan salam, menanyakan kabar dan mengabsen siswa.
-    Guru mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
-    Guru menanyangkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
Apersepsi          
-    Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-    Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
-    Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
30 Menit
Inti
Mengamati
Mengamati hukum-hukum dan fenomena:
-          Sistem tiga fasa meliputi: hubungan bintang, hubungan segitiga
-          Fasor dan bilangan komplek
Menanya
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang : hukum-hukum dan fenomena:
-          Sistem tiga fasa meliputi: hubungan bintang, hubungan segitiga
-          Fasor dan bilangan komplek
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang :
-          Sistem tiga fasa meliputi: hubungan bintang, hubungan segitiga
-          Fasor dan bilangan komplek
Asosiasi
Mengkategorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhanan sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan:
-          Sistem tiga fasa meliputi: hubungan bintang, hubungan segitiga.
-          Fasor dan bilangan komplek
Komunikasi
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang
-          sistem tiga fasa meliputi: hubungan bintang, hubungan segitiga.
-          Fasor dan bilangan komplek
80 Menit
Penutup
-    Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-    Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan siswa dirumah.
-    Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
30 Menit


G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
§  Media
Power Point, resistor, kapasitor, induktor
§  Alat dan Bahan
1.      Proyektor
2.      Laptop
3.      Whiteboard
4.      Spidol
§  Sumber Belajar
1.      Buku Rangkaian Listrik, Schaum Series , Yosep Ed Minister
2.      Buku Rangkaian Listrik, William Hayt
3.      Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.      Internet

H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
§  Teknik Penilaian          :  Tes tertulis, Pengamatan sikap, dan Portofolio
§  Bentuk Instrumen       : Tes Uraian, Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik, dan Portofolio
§  Instrument (Tes dan Non Tes)
(Lembar Penilaian Terlampir)





Jakarta, 5 Januari 2015

Kepala sekolah

Dibuat Oleh
Guru






............

Randi Setiawan

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus