RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
IDENTITAS
1. Nama
Sekolah : SMKN 1
MAJALENGKA
2. Mata
Pelajaran : Kearsipan
3. Kels/Semester : XII/1
4. Standar
Kompetensi : Melakukan Prosedur
Kearsipan
5.
Kompetensi Dasar : Melakukan sistem penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
6. Indikator :
§ Mampu
mendeskripsikan pengertian sistem subjek
§ Mampu
mendeskripsikan tujuan pemilihan sistem subjek
§ Mampu
mendeskripsikan keutungan sistem subjek
§ Mampu
mendeskripsikan kekurangan sistem subjek
§ Mampu
mendeskripsikan jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek
§ Mampu
mendeskripsikan pengertian indeks relative
§ Mampu
menggunakan penunjuk silang pada sistem subjek
§ Mampu
mendeskripsikan prosedur penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
§ Mampu
melakukan penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
§ Mampu
melakukan penemuan kembali arsip berdasarkan sistem subjek
7. KKM : 75
8. Alokasi
Waktu : 3 x 45 menit
B.
TUJUAN
§ Setelah
diperlihatkan PPT pengertian sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan
pengertian sistem subjek dengan benar.
§ Setelah
diperlihatkan PPT tujuan pemilihan sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan
tujuan pemilihan sistem subjek dengan benar.
§ Setelah
diperlihatkan PPT keutungan sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan keutungan
sistem subjek dengan benar.
§ Setelah
diperlihatkan PPT kekurangan sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan kekurangan
sistem subjek dengan benar.
§ Setelah
diperlihatkan PPT jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek, siswa
mampu mendeskripsikan jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek dengan
benar.
§ Setelah
diperlihatkan PPT pengertian indeks relative, siswa mampu mendeskripsikan pengertian
indeks relative dengan benar.
§ Setelah
diperlihatkan PPT dan diperagakan penggunaan penunjuk silang, siswa mampu menggunakan
penunjuk silang pada sistem subjek dengan tepat.
§ Setelah
diperlihatkan PPT prosedur penyimpanan arsip, siswa mampu mendeskripsikan prosedur
penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek dengan tepat.
§ Setelah
diperlihatkan PPT dan diperagakan penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek, siswa
mampu melakukan penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek dengan tepat.
§ Setelah
diperlihatkan PPT dan diperagakan penemuan kembali arsip berdasarkan sistem
subjek, siswa mampu melakukan penemuan kembali arsip berdasarkan sistem subjek
dengan tepat.
C.
MATERI
§ Pengertian
sistem subjek
§ Tujuan
pemilihan sistem subjek
§ Keutungan
sistem subjek
§ Kekurangan
sistem subjek
§ Jenis-jenis
daftar klasifikasi dalam sistem subjek
§ Pengertian
indeks relative
§ Penunjuk
silang pada sistem subjek
§ Prosedur
penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
§ Penemuan
kembali arsip berdasarkan sistem subjek
D.
METODE
PEMBELAJARAN
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Demonstrasi
E.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN BELAJAR
No.
|
Proses Pembelajaran Interaktif
|
Tahapan Waktu
|
Karakter
|
I
|
Kegiatan
Awal (Pendahuluan)
A. Orientasi:
Memusatkan perhatian siswa kepada guru.
B. Apersepsi:
Menghubungkan materi (KD) dengan KD/materi pertemuan sebelumnya.
C. Motivasi:
Menyampaikan indikator kompetensi dan menginformasikan manfat materi.
D. Pemberian
Acuan Belajar: Menjelaskan Skenario pembelajaran secara garis besar.
|
15
menit
|
1. Rasa
ingin tahu
2. Disiplin
|
II
|
Kegiatan
Inti
A.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi:
1. Guru
a. Menyiapkan
media, alat, dan bahan untuk kegiatan pembelajaran.
b. Bertanya
kepada siswa tentang wawasan siswa mengenai pengelolaan arsip yang pernah
didengar oleh siswa sebelumnya.
c. Bertanya
kepada siswa tentang pengelolaan arsip berdasarkan sisitem pokok masalah
sesuai dengan pengetahuan siswa.
d. Mengoperasikan
media pembelajaran interaktif berisi materi ringkas.
2. Siswa
a. Menjawab
pertanyaan guru tentang wawasan siswa mengenai pengelolaan arsip yang pernah
didengar oleh siswa sebelumnya.
e. Menjawab
pertanyaan guru tentang pengelolaan arsip berdasarkan sisitem pokok masalah sesuai
dengan pengetahuan siswa.
f. Menyimak
media pembelajaran interaktif berisi materi ringkas.
B.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi:
1. Guru
a. Menjelaskan
pengelolaan arsip dengan sistem subjek dibantu dengan media pembelajaran
interaktif.
b. Memberikan
contoh pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
c. Mengarahkan
siswa untuk mendemonstrasikan pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
d. Memberi
penilaian/koreksi terhadap praktek yang telah didemonstrasikan oleh siswa.
e. Memberi
kesempatan kepada siswa yang belum memahami materi untuk bertanya.
2. Siswa
a. Menyimak
penjelasan guru tentang pengelolaan arsip dengan sistem subjek dibantu dengan
media pembelajaran interaktif.
b. Menyimak
contoh pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
c. Menerima
arahan guru untuk mendemonstrasikan pengelolaan arsip berdasarkan sistem
subjek.
d. Menerima
penilaian/koreksi terhadap praktek yang telah didemonstrasikan oleh siswa.
e. Bertanya
kepada guru jika belum memahami materi yang disampaikan.
C.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi:
1. Guru
a. Mengulang
kembali materi yang telah dijelaskan.
b. Memberikan
penjelasan tambahan atas materi yang telah disampaikan.
c. Menyimpulkan
materi yang telah dibahas.
2. Siswa
a. Mengulang
kembali materi yang telah dijelaskan.
b. Menerima
penjelasan tambahan atas materi yang telah disampaikan.
c. Menyimpulkan
materi yang telah dibahas
|
100
menit
|
1. Rasa
ingin tahu
2. Disiplin
3. Kerja
keras
4. Tanggung
jawab
5. Kreatif
6. Ulet
|
III
|
Kegiatan
Akhir (Refleksi)
A. Guru
1. Menyampaikan
materi yang akan dibahas selanjutnya.
2. Memberikan
tes formatif.
3. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa
secara individu ataupun kelompok.
4. Menutup
pelajaran dengan salam.
B. Siswa
1. Menyimak
apa yang di sampaikan guru mengenai materi yang akan dibahas selanjutnya.
2. Menjawab
tes formatif.
3. Menerima
tugas dari guru untuk dikerjakan secara individu ataupun kelompok.
4. Menjawab
salam.
|
20
menit
|
1. Disiplin
2. Kerja
keras
3. Tanggung
jawab
4. Jujur
|
F.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Sumber Belajar
g. Media
pembelajaran interaktif
h. Modul
3, Mengelola Arsip dengan Sistem Pokok Masalah
2.
Alat
a. Laptop
b. Layar
in focus
c. LCD
projektor
d. Papan
tulis
e. Spidol
f. Alat
peraga
G.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan
dengan prosedur pengamatan saat diskusi dan saat proses belajar berlangsung,
tes tulis, dan tes praktek.
1.
Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator Penilaian
|
||||
Rasa Ingin tahu
|
Disiplin
|
Kerja Keras
|
Kreatif
|
Tanggung Jawab
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
Dst.
|
2. Tes
Tulis
1) Menurut
Anda apakah yang dimaksud dengan klasifikasi masalah dalam pengelolaan
arsip/dokumen berdasarkan pokok masalah ini? Mengapa hal tersebut dilakukan?
Berikan contohnya pada unit usaha koperasi di sekolah!
2) Apakah
yang dimaksud dengan kartu indeks? Untuk apa kartu tersebut dibuat?
3) Pinjamlah
sebuah surat yang masuk ke OSIS atau sekolah Anda. Jika sistem pengelolaan
arsip/dokumen di organisasi tersebut memakai sistem pokok masalah, pelajarilah
klasifikasi masalah dan kode-kode yang digunakan. Berikan kode dan indeks untuk
surat yang Anda pinjam tadi. Jika di organisasi atau sekolah Anda tidak
menggunakan sistem pokok masalah, cobalah kaji hal tersebut, kemudian berikan
kode dan indeks untuk surat tadi.
4) Jika
di suatu instansi digunakan kode-kode sebagai berikut.
a. Kepegawaian
diberi kode = KP
b. Pengadaan
pegawai diberi kode = 00
c.
Formasi = 1
d.
Penerimaan = 2
e.
Pengangkatan = 3
f. Apakah
arti dari surat/arsip yang diberi kode KP.00.3?
3.Tes
Praktek
Pada kesempatan ini
Anda sebagai juru arsip diminta untuk:
(1) Memberi
kode penyimpanan arsip pada surat yang Anda terima.;
(2) Mencatat
identitas surat yang telah diberi kode penyimpanan pada formulir kartu indeks;
(3) Buatlah
map penyimpanan dan simpan surat sesuai dengan guide.
(4)
Kode klasifikasi bisa Anda lihat pada
halaman sebelumnya.
A. PEDOMAN
PENSKORAN
Pertanyaan
|
Kualitas Jawaban
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
1. Menurut
Anda apakah yang dimaksud dengan klasifikasi masalah dalam pengelolaan
arsip/dokumen berdasarkan pokok masalah ini? Mengapa hal tersebut dilakukan?
Berikan contohnya pada unit usaha koperasi di sekolah!
|
√
|
|||||||||
2. Apakah
yang dimaksud dengan kartu indeks? Untuk apa kartu tersebut dibuat?
|
√
|
|||||||||
3.
Berikanlah kode
surat masuk OSIS dan identifikasi system pengelolaan arsipnya!
|
√
|
|||||||||
4. Berdasarkan uraian sebelumnya, apakah
arti dari surat/arsip yang diberi kode KP.00.3?
|
√
|
Keterangan:
Nilai = Jumlah kualitas jawaban x 100
Jumlah
skor maksimal
KUNCI
JAWABAN TES ESSAY
1. Sistem
pokok masalah adalah sistem penyimpanan dokumen yang berdasarkan kepada isi
dari dokumen yang bersangkutan. Isi dokumen sering disebut perihal, pokok
masalah, permasalahan, pokok surat atau subjek. Yang dimaksud dengan
pengelolaan arsip sistem pokok masalah adalah tata cara penyimpanan dan
penemuan kembali arsip (arsip surat masuk maupun arsip surat keluar)
berdasarkan subjek atau pokok masalah/perihal dari arsip itu.
Pengelolaan arsip dengan sistem pokok masalah
dilakukan atau dipilih karena beberapa alasan instansi atau lembaga tersebut
melakukan pengelolaan arsip secara sentralisasi (terpusat), sehingga ada
kecenderungan penyimpanan dokumen yang terdiri dari berbagai pokok
permasalahan.
2.
Kartu indeks adalah
salah satu alat bantu dalam pengelolaan arsip yang mencatat judul, pokok
masalah,yang terdapat dalam arsip, dll yang akan menjadi petunjuk tempat
penyimpanan arsip dan dapat memudahkan dalam penemuan kembali arsip.
3.
Pendapat siswa sesuai
kondisi OSIS sekolah
4.
Pengankatan pegawai
KUNCI
JAWABAN TES PRAKTEK
Majalengka, Mei 2013
Mengetahui,
Kepala sekolah SMKN
1 Majalengka Guru
Mata Pelajaran
Drs. Henry Eryanto,
MM Ani
Atih
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar