Selasa, 18 Juni 2013

CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.    IDENTITAS
1.      Nama Sekolah                   : SMKN 1 MAJALENGKA
2.      Mata Pelajaran                  : Kearsipan
3.      Kels/Semester                   : XII/1
4.      Standar Kompetensi         : Melakukan Prosedur Kearsipan
5.      Kompetensi Dasar             : Melakukan sistem penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
6.      Indikator                           :
§  Mampu mendeskripsikan pengertian sistem subjek
§  Mampu mendeskripsikan tujuan pemilihan sistem subjek
§  Mampu mendeskripsikan keutungan sistem subjek
§  Mampu mendeskripsikan kekurangan sistem subjek
§  Mampu mendeskripsikan jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek
§  Mampu mendeskripsikan pengertian indeks relative
§  Mampu menggunakan penunjuk silang pada sistem subjek
§  Mampu mendeskripsikan prosedur penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
§  Mampu melakukan penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
§  Mampu melakukan penemuan kembali arsip berdasarkan sistem subjek
7.      KKM                                 : 75
8.      Alokasi Waktu                  : 3 x 45 menit

B.     TUJUAN
§  Setelah diperlihatkan PPT pengertian sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan pengertian sistem subjek dengan benar.
§  Setelah diperlihatkan PPT tujuan pemilihan sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan tujuan pemilihan sistem subjek dengan benar.
§  Setelah diperlihatkan PPT keutungan sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan keutungan sistem subjek dengan benar.
§  Setelah diperlihatkan PPT kekurangan sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan kekurangan sistem subjek dengan benar.
§  Setelah diperlihatkan PPT jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek, siswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek dengan benar.
§  Setelah diperlihatkan PPT pengertian indeks relative, siswa mampu mendeskripsikan pengertian indeks relative dengan benar.
§  Setelah diperlihatkan PPT dan diperagakan penggunaan penunjuk silang, siswa mampu menggunakan penunjuk silang pada sistem subjek dengan tepat.
§  Setelah diperlihatkan PPT prosedur penyimpanan arsip, siswa mampu mendeskripsikan prosedur penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek dengan tepat.
§  Setelah diperlihatkan PPT dan diperagakan penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek, siswa mampu melakukan penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek dengan tepat.
§  Setelah diperlihatkan PPT dan diperagakan penemuan kembali arsip berdasarkan sistem subjek, siswa mampu melakukan penemuan kembali arsip berdasarkan sistem subjek dengan tepat.

C.    MATERI
§  Pengertian sistem subjek
§  Tujuan pemilihan sistem subjek
§  Keutungan sistem subjek
§  Kekurangan sistem subjek
§  Jenis-jenis daftar klasifikasi dalam sistem subjek
§  Pengertian indeks relative
§  Penunjuk silang pada sistem subjek
§  Prosedur penyimpanan arsip berdasarkan sistem subjek
§  Penemuan kembali arsip berdasarkan sistem subjek

D.    METODE PEMBELAJARAN
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Demonstrasi

E.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN BELAJAR

No.
Proses Pembelajaran Interaktif
Tahapan Waktu
Karakter
I
Kegiatan Awal (Pendahuluan)
A.    Orientasi: Memusatkan perhatian siswa kepada guru.
B.     Apersepsi: Menghubungkan materi (KD) dengan KD/materi pertemuan sebelumnya.
C.     Motivasi: Menyampaikan indikator kompetensi dan menginformasikan manfat materi.
D.    Pemberian Acuan Belajar: Menjelaskan Skenario pembelajaran secara garis besar.
15 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Disiplin
II
Kegiatan Inti
A.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1.      Guru
a.       Menyiapkan media, alat, dan bahan untuk kegiatan pembelajaran.
b.      Bertanya kepada siswa tentang wawasan siswa mengenai pengelolaan arsip yang pernah didengar oleh siswa sebelumnya.
c.       Bertanya kepada siswa tentang pengelolaan arsip berdasarkan sisitem pokok masalah sesuai dengan pengetahuan siswa.
d.      Mengoperasikan media pembelajaran interaktif berisi materi ringkas.
2.      Siswa
a.       Menjawab pertanyaan guru tentang wawasan siswa mengenai pengelolaan arsip yang pernah didengar oleh siswa sebelumnya.
e.       Menjawab pertanyaan guru tentang pengelolaan arsip berdasarkan sisitem pokok masalah sesuai dengan pengetahuan siswa.
f.       Menyimak media pembelajaran interaktif berisi materi ringkas.
B.     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1.      Guru
a.       Menjelaskan pengelolaan arsip dengan sistem subjek dibantu dengan media pembelajaran interaktif.
b.      Memberikan contoh pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
c.       Mengarahkan siswa untuk mendemonstrasikan pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
d.      Memberi penilaian/koreksi terhadap praktek yang telah didemonstrasikan oleh siswa.
e.       Memberi kesempatan kepada siswa yang belum memahami materi untuk bertanya.
2.      Siswa
a.       Menyimak penjelasan guru tentang pengelolaan arsip dengan sistem subjek dibantu dengan media pembelajaran interaktif.
b.      Menyimak contoh pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
c.       Menerima arahan guru untuk mendemonstrasikan pengelolaan arsip berdasarkan sistem subjek.
d.      Menerima penilaian/koreksi terhadap praktek yang telah didemonstrasikan oleh siswa.
e.       Bertanya kepada guru jika belum memahami materi yang disampaikan.
C.    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1.      Guru
a.       Mengulang kembali materi yang telah dijelaskan.
b.      Memberikan penjelasan tambahan atas materi yang telah disampaikan.
c.       Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.      Siswa
a.       Mengulang kembali materi yang telah dijelaskan.
b.      Menerima penjelasan tambahan atas materi yang telah disampaikan.
c.       Menyimpulkan materi yang telah dibahas
100 menit
1.      Rasa ingin tahu
2.      Disiplin
3.      Kerja keras
4.      Tanggung jawab
5.      Kreatif
6.      Ulet

III
Kegiatan Akhir (Refleksi)
A.    Guru
1.      Menyampaikan materi yang akan dibahas selanjutnya.
2.      Memberikan tes formatif.
3.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa secara individu ataupun kelompok.
4.      Menutup pelajaran dengan salam.
B.     Siswa
1.      Menyimak apa yang di sampaikan guru mengenai materi yang akan dibahas selanjutnya.
2.      Menjawab tes formatif.
3.      Menerima tugas dari guru untuk dikerjakan secara individu ataupun kelompok.
4.      Menjawab salam.
20 menit
1.      Disiplin
2.      Kerja keras
3.      Tanggung jawab
4.      Jujur

F.     ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Sumber Belajar
g.      Media pembelajaran interaktif
h.      Modul 3, Mengelola Arsip dengan Sistem Pokok Masalah
2.      Alat
a.       Laptop
b.      Layar in focus
c.       LCD projektor
d.      Papan tulis
e.       Spidol
f.       Alat peraga

G.    PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan prosedur pengamatan saat diskusi dan saat proses belajar berlangsung, tes tulis, dan tes praktek.
1.      Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN
No.
Nama Siswa
Indikator Penilaian
Rasa Ingin tahu
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Tanggung Jawab
1.






2.






3.






Dst.







2.      Tes Tulis
1)      Menurut Anda apakah yang dimaksud dengan klasifikasi masalah dalam pengelolaan arsip/dokumen berdasarkan pokok masalah ini? Mengapa hal tersebut dilakukan? Berikan contohnya pada unit usaha koperasi di sekolah!
2)      Apakah yang dimaksud dengan kartu indeks? Untuk apa kartu tersebut dibuat?
3)      Pinjamlah sebuah surat yang masuk ke OSIS atau sekolah Anda. Jika sistem pengelolaan arsip/dokumen di organisasi tersebut memakai sistem pokok masalah, pelajarilah klasifikasi masalah dan kode-kode yang digunakan. Berikan kode dan indeks untuk surat yang Anda pinjam tadi. Jika di organisasi atau sekolah Anda tidak menggunakan sistem pokok masalah, cobalah kaji hal tersebut, kemudian berikan kode dan indeks untuk surat tadi.
4)      Jika di suatu instansi digunakan kode-kode sebagai berikut.
a.       Kepegawaian diberi kode = KP
b.      Pengadaan pegawai diberi kode = 00
c.       Formasi = 1
d.      Penerimaan = 2
e.       Pengangkatan = 3
f.       Apakah arti dari surat/arsip yang diberi kode KP.00.3?

3.Tes Praktek
Pada kesempatan ini Anda sebagai juru arsip diminta untuk:
(1)   Memberi kode penyimpanan arsip pada surat yang Anda terima.;
(2)   Mencatat identitas surat yang telah diberi kode penyimpanan pada formulir kartu indeks;
(3)   Buatlah map penyimpanan dan simpan surat sesuai dengan guide.
(4)   Kode klasifikasi bisa Anda lihat pada halaman sebelumnya.      



 
















































A.    PEDOMAN PENSKORAN
Pertanyaan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.      Menurut Anda apakah yang dimaksud dengan klasifikasi masalah dalam pengelolaan arsip/dokumen berdasarkan pokok masalah ini? Mengapa hal tersebut dilakukan? Berikan contohnya pada unit usaha koperasi di sekolah!









2.      Apakah yang dimaksud dengan kartu indeks? Untuk apa kartu tersebut dibuat?









3.      Berikanlah kode surat masuk OSIS dan identifikasi system pengelolaan arsipnya!









4.      Berdasarkan uraian sebelumnya, apakah arti dari surat/arsip yang diberi kode KP.00.3?









Keterangan:
Nilai = Jumlah kualitas jawaban  x 100
Jumlah skor maksimal

KUNCI JAWABAN TES ESSAY
1.      Sistem pokok masalah adalah sistem penyimpanan dokumen yang berdasarkan kepada isi dari dokumen yang bersangkutan. Isi dokumen sering disebut perihal, pokok masalah, permasalahan, pokok surat atau subjek. Yang dimaksud dengan pengelolaan arsip sistem pokok masalah adalah tata cara penyimpanan dan penemuan kembali arsip (arsip surat masuk maupun arsip surat keluar) berdasarkan subjek atau pokok masalah/perihal dari arsip itu.
Pengelolaan arsip dengan sistem pokok masalah dilakukan atau dipilih karena beberapa alasan instansi atau lembaga tersebut melakukan pengelolaan arsip secara sentralisasi (terpusat), sehingga ada kecenderungan penyimpanan dokumen yang terdiri dari berbagai pokok permasalahan.
2.      Kartu indeks adalah salah satu alat bantu dalam pengelolaan arsip yang mencatat judul, pokok masalah,yang terdapat dalam arsip, dll yang akan menjadi petunjuk tempat penyimpanan arsip dan dapat memudahkan dalam penemuan kembali arsip.
3.      Pendapat siswa sesuai kondisi OSIS sekolah
4.      Pengankatan pegawai

KUNCI JAWABAN TES PRAKTEK

















































      Majalengka, Mei 2013
Mengetahui,
Kepala sekolah SMKN 1 Majalengka                                                             Guru Mata Pelajaran

Drs. Henry Eryanto, MM                                                                                Ani Atih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar