DIMENSI |
INDIKATOR |
TEORI 1 |
TEORI 2 |
TEORI 3 |
1) Pekerjaan itu sendiri |
a. Tugas yang menarik b. Kesempatan untuk belajar c. Kesempatan untuk menerima tanggung jawab |
Menurut Luthans (2006:243) terdapat lima dimensi pekerjaan yang telah
diidentifikasi untuk merepresentasikan karakteristik pekerjaan yang paling
penting dimana karyawan memiliki respons afektif. Kelima dimensi tersebut
adalah: a. Pekerjaan itu sendiri. Dalam hal di mana pekerjaan memberikan tugas yang menarik, kesempatan untuk
belajar, dan kesempatan untuk menerima tanggung jawab. b. Gaji. Sejumlah upah yang diterima dan
tingkat di mana hal ini bisa dipandang sebagai
hal yang dianggap pantas dibandingakan dengan orang lain dalam
organisasi. c. Kesempatan promosi. Kesempatan untuk maju
dalam organisasi. d. Pengawasan. Kemampuan penyelia untuk
memberikan bantuan teknis dan dukungan perilaku. e. Rekan kerja. Tingkat di mana rekan kerja
pandai secara teknis dan mendukung secara sosial. (Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi Edisi 10.
Yogyakarta: ANDI. Halaman 243) |
Smith, Kendal, dan Hulin menilai kepuasan kerja keseluruhan dengan
mengggunakan: kepuasan terhadap pengawasan,
kepuasan terhadap rekan kerja, kepuasan
dengan pekerjaan itu sendiri, kepuasan
terhadap pembayaran, dan kepuasan
terhadap promosi. (Mutiara S. Panggabean. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Bogor: Ghalia Indonesia. Halaman 132) |
Kreitner dan Kinicki mengemukakan bahwa aspek-aspek kepuasan kerja yang
relevan terdiri atas kepuasan terhadap pekerjaan,
gaji, promosi, rekan kerja, dan penyelia. (Mutiara S. Panggabean. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Bogor: Ghalia Indonesia. Halaman 129) |
2) Gaji |
a. Sejumlah upah yang diterima b. Hal yang dianggap pantas |
|||
3) Kesempatan promosi |
a. Kesempatan untuk maju dalam organisasi |
|||
4) Pengawasan |
a. Kemampuan penyelia untuk memberikan bantuan teknis b. Kemampuan penyelia untuk memberikan dukungan perilaku |
|||
5) Rekan kerja |
a. Pandai secara teknis b. Memberikan dukungan sosial |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar