Mata Pelajaran : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester : XI/1
Pertemuan Ke- :
1 - 13
Alokasi Waktu : 13 x 2 JP (26 JP)
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Kompetensi Dasar
3.1.
Mendeskripsikan Ruang Lingkup Humas
4.1. Mengelola
Kegiatan Humas
Indikator
1.
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan.
2.
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan.
3.
Menjelaskan definisi humas dengan bahasa sendiri.
4.
Menjelaskan definisi public relation dengan bahasa
sendiri.
5.
Mendeskripsikan konsep humas dan latar belakang konsep
humas.
6.
Menjelaskan karakteristik humas sesuai dengan aspeknya.
7.
Menjelaskan sejarah perkembangan humas di dunia.
8.
Memaparkan tujuan humas.
9.
Menjelaskan tugas dan fungsi humas menurut beberapa
pendapat ahli.
10. Menjelaskan
peran humas dalam sebuah organisasi.
11. Mengidentifikasiprosedur
kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnya.
12. Menjabarkantugas
humas dalam organisasi.
13. Menjelaskan
macam-macam media yang digunakan oleh humas
14. Menjelaskan
macam-macam humas yang ada di Indonesia.
15. Merencanakan
kegiatan humas sederhana.
16. Mengelola
kegiatan humas sederhana.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan dengan tepat definisi humas
dengan bahasa sendiri.
2.
Siswa dapat menjelaskan dengan tepat definisi public
relation dengan bahasa sendiri.
3.
Siswa dapat mendeskripsikandengan tepat konsep humas
dan latar belakang konsep humas.
4.
Siswa dapat menjelaskan dengan benar karakteristik
humas sesuai dengan aspeknya.
5.
Siswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan humas di
dunia dengan benar.
6.
Siswa dapat memaparkan tujuan humas dengan benar.
7.
Siswa dapat menjelaskan tugas dan fungsi humas menurut
beberapa pendapat ahli dengan benar.
8. Siswa
dapat menjelaskan peran humas dalam sebuah organisasi dengan benar.
9. Siswa
dapat mengidentifikasi prosedur kerja humas sesuai dengan tahap-tahapnyadengan
tepat.
10. Siswa dapat
menjabarkan tugas humas dalam organisasidengan benar.
11. Siswa dapat
menjelaskan macam-macam media yang digunakan oleh humas dengan benar.
12. Siswa dapat
menjelaskan macam-macam humas yang ada di Indonesia dengan benar.
13. Siswa dapat
merencanakan kegiatan humas sederhanadengan baik.
14. Siswa dapat
mengelola kegiatan humas sederhana dengan baik.
Materi Ajar
1. Definisi
humas
2. Definisi
public relation
3. Konsep
humas
4. Karakteristik
humas
5. Sejarah
perkembangan humas
6. Tujuan
humas
7. Tugas
dan fungsi humas
8. Peran
humas
9. Prosedur
kerja humas
10. Tugas humas
dalam organisasi
11. Media humas
12. Macam-macam
humas
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Pendekatan Scientific
Model : Model Pembelajaran Alternatif
Numbered Heads Together, Jigsaw, Make a Match, dan Role Playing
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap
anggota kelompok memiliki nomor masing-masing.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang definisi humas dan definisi public relations dari
power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan definisi humas dan definisi public relations.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang definisi humas dan definisi
public relations.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh secara berkelompok.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi dengan memanggil siswa nomor secara acak dalam kelompok.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 2 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, tiap
kelompok mendapatkan sub materi yang berakitan dengan konsep humas.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang konsep humas dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan konsep humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang konsep humas secara
berkelompok.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang materi yang sudah ditentukan pada tiap kelompoknya.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 3 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap
anggota kelompok memiliki nomor masing-masing.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang karakteristik humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan karakteristik humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang karakteristik humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh secara berkelompok.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi dengan memanggil siswa nomor secara acak dalam kelompok.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 4-5 (2
x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagikan kartu pada masing-masing siswa. Tiap
kartu berisi tahun dan keterangan kejadian yang berkaitan dengan materi
sejarah perkembangan humas.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang sejarah perkembangan humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan sejarah perkembangan humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang sejarah perkembangan humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Guru
membimbng siswa untuk mencari pasangan dari masing-masing kartu yang
diperoleh, kemudian mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 6 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membimbing siswa untuk berhitung dan setiap
siswa memiliki nomor masing-masing.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang tujuan humas dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tujuan humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tujuan humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Guru
menunjuk secara acak siswa menggunakan nomor untuk mempresentasikan hasil
diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Guru kembali memanggil nomor siswa secara acak untuk menyimpulkan
materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 7-8 (2
x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang tugas dan fungsi humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tugas dan fungsi humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tugas dan fungsi humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
9 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang peran humas dari power point yang ditayangkan oleh
guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan peran humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang peran humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
10 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang prosedur kerja humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan prosedur kerja humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang prosedur kerja humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi tentang prosedur kerja humas dengan melakukan
simulasi langsung (bermain peran).
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan
bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
11 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang tugas humas dalam organisasi dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tugas humas dalam organisasi.
Eksperimen/Explore
Siswa mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang tugas humas dalam organisasi yang ada di
Indonesia.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
12 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang media humas dari power point yang ditayangkan oleh
guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan media humas.
Eksperimen/Explore
Guru
memberikan beberapa gambar tentang media humas, kemudian secara berkelompok
siswa mengumpulkan berbagai data tentang media humas tersebut dari berbagai
sumber.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
13 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap
kelompok mendapatkan materi untuk didiskusikan.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang macam-macam humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan macam-macam humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang macam-macam humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§
Media
Power Point
§
Alat dan Bahan
1.
Proyektor
2.
Laptop
3.
Whiteboard
4.
Spidol
§
Sumber Belajar
1.
Modul Humas dan Keprotokolan
2.
LKS buatan guru
3.
Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4. Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Galia
Indonesia.
5.
Sumber referensi terkait
Penilaian
1. Evaluasi Kognitif : Tes Tulis dan Penugasann
2. Evaluasi Afektif : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3. Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester : XI/1
Pertemuan Ke- :
14 - 19
Alokasi Waktu : 6 x 2 JP (12 JP)
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
3.2.
Mengidentifikasi profil, kode etik, jabatan, dan organisasi profesi humas
4.2. Membuat
profil humas
Indikator
1.
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan.
2.
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan.
3.
Mengidentifikasi profil humas, berupa visi dan misi
humas.
4.
Mengidentifikasi kode etik humas berdasarkan beberapa
organisasi humas.
5.
Mengidentifikasi jabatan humas.
6.
Mengidentifikasi tugas dari jabatan humas.
7.
Mengidentifikasi organisasi profesi humas di Indonesia
dan Internasional.
8.
Membuat profil humas, berupa visi dan misi humas.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengidentifikasi profil humas, berupa visi
dan misi humas dengan benar.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi kode etik humas
berdasarkan beberapa organisasi humasdengan benar.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi jabatan humasdengan benar.
4.
Siswa dapat mengidentifikasi tugas dari jabatan humasdengan
benar.
5.
Siswa dapat mengidentifikasi organisasi profesi humas
di indonesia dan internasionaldengan benar.
6.
Siswa dapat membuat profil humas, berupa visi dan misi
humasdengan benar.
Materi Ajar
1. Profil
humas (Visi dan Misi)
2. Kode
etik humas
3. Jabatan
Humas
4. Organisasi
profesi humas
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Debate dan Jigsaw
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
14-15 (2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang profil humas (visi dan misi) dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan profil humas (visi dan misi).
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang profil humas (visi dan misi).
Kemudian kelompok siswa dibimbing untuk membuat profil humas (visi dan misi).
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
secara bersama-sama untuk membuat profil humas (visi dan misi).
Komunikasi
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi masing-masing berupa profil humas
(visi dan misi) dan kemudian dikomentari oleh kelompok lain.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
16-17 (2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam dua kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang kode etik humas dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan kode etik humas.
Eksperimen/Explore
Guru
menunjuk masing-masing kelompok sebagai kelompok yanga pro dan konta terhadap
berjalan atau tidaknua kode etik humas di Indonesia. Kemudian siswa mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang kode etik humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Kelompok
pro dan kontra mempresentasikan hasil diskusi dengan berdebat satu sama lain.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
18 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang jabatan humas dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan jabatan humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang jabatan humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
19 (1 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, tiap
kelompok diberikan materi yang berkaitan dengan organisasi profesi humas
untuk menjadi tim ahli dari tiap materi.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang organisasi profesi humas dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan organisasi profesi humas.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang organisasi profesi humas.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh secara berkelompok.
Komunikasi
Satu
per satu dari tim ahli materi mempresentasikan hasil diskusi. Siswa lainnya
memperhatikan kemudian melakukan tanya jawab.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§
Media
Power Point
§
Alat dan Bahan
1.
Proyektor
2.
Laptop
3.
Whiteboard
4.
Spidol
§
Sumber Belajar
1.
Modul Humas dan Keprotokolan
2.
LKS buatan guru
3.
Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
5.
Sumber referensi terkait
Penilaian
1. Evaluasi Kognitif : Tes Tulis dan Penugasann
2. Evaluasi Afektif : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3. Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester : XI/1
Pertemuan Ke- :
20 - 23
Alokasi Waktu : 4 x 2 JP (8 JP)
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
3.3.
Mengidentifikasi kegiatan internal/eksternal humas
4.3.
Mempraktekan kegiatan humas internal/eksternal
Indikator
1.
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan.
2.
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan.
3.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan karyawan.
4.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan pemegang saham.
5.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan komunitas.
6.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan pelanggang.
7.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan media masa dan
pers.
8.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan pemerintah.
9.
Mengidentifikasi hubungan humas dengan internal PR.
10. Mempraktekkan
hubungan humas dengan karyawan.
11. Mempraktekkan
hubungan humas dengan pemegang saham.
12. Mempraktekkan
hubungan humas dengan komunitas.
13. Mempraktekkan
hubungan humas dengan pelanggang.
14. Mempraktekkan
hubungan humas dengan media masa dan pers.
15. Mempraktekkan
hubungan humas dengan pemerintah.
16. Mempraktekkan
hubungan humas dengan internal PR.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
karyawan.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
pemegang saham.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
komunitas.
4.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
pelanggang.
5.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
media masa dan pers.
6.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
pemerintah.
7.
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan humas dengan
internal PR.
8.
Siswa dapat mempraktekkan hubungan humas dengan
karyawan.
9.
Siswa dapat mempraktekkan hubungan humas dengan
pemegang saham.
10. Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan komunitas.
11. Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan pelanggang.
12. Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan media masa dan pers.
13. Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan pemerintah.
14. Siswa
dapat mempraktekkan hubungan humas dengan internal PR.
Materi Ajar
Kegiatan-kegiatan humas
1. Humas internal
§
Hubungan humas dengan karyawan
§
Hubungan humas dengan pemegang saham
2. Humas eksternal
§
Hubungan humas dengan komunitas
§
Hubungan humas dengan pelanggang
§
Hubungan humas dengan media masa dan pers
§
Hubungan humas dengan pemerintah
§
Hubungan humas dengan internal PR
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif Roll Playing
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
20-22 (2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang kegiatan humas intenal dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan kegiatan humas intenal.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang kegiatan humas intenal.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh, dan membuat simulasi kegiatan humas internal
secara berkelompok.
Komunikasi
Menampilkan
simulasi kegiatan humas internal secara berkelompok.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan
22-23 (2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan pentingnya
materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang kegiatan humas eksternal dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan kegiatan humas eksternal.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang kegiatan humas intenal.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh, dan membuat simulasi kegiatan humas internal
secara berkelompok.
Komunikasi
Menampilkan
simulasi kegiatan humas internal secara berkelompok.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§
Media
Power Point
§
Alat dan Bahan
1.
Proyektor
2.
Laptop
3.
Whiteboard
4.
Spidol
§
Sumber Belajar
1.
Modul Humas dan Keprotokolan
2.
LKS buatan guru
3.
Nesia, Andin. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
4.
Sumber referensi terkait
Penilaian
1. Evaluasi Kognitif : Tes Tulis dan Penugasann
2. Evaluasi Afektif : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3. Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester : XI/2
Pertemuan Ke- :
1-12
Alokasi Waktu : 12 x 2 JP (24 JP)
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Kompetensi Dasar
3.4.
Mendeskripsikan ruang lingkup pengelolaan pertemuan
4.4. Mengelola
pertemuan
Indikator
1.
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan
2.
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan
3. Menjelaskanpengertian pertemuan dengan bahasa
sendiri.
4. Menjelaskan
fungsi-fungsi pertemuan.
5. Menyebutkanjenis-jenis pertemuan.
6. Mendeskripsikan
tujuan pertemuan.
7. Mendeskripsikan
syarat-syarat pertemuan yang baik.
8. Mendeskripsikan
tipe peserta dan pemimpin.
9. Mendeskripsikan
teknik pengendalian pertemuan.
10. Membuat
perencanaan pertemuan.
11. Mempraktekan
pelaksanaan pertemuan.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapatmendeskripsikan pengertian pertemuandengan benar.
2. Siswa dapatmendeskripsikan pengertian pertemuandengan benar.
3. Siswa dapatmendeskripsikan fungsi pertemuandengan benar.
4. Siswa dapatmendeskripsikan jenis-jenis pertemuandengan benar.
5. Siswa dapatmendeskripsikan tujuan pertemuandengan benar.
6. Siswa dapatmendeskripsikan syarat-syarat pertemuan yang baikdengan
benar.
7. Siswa dapatmendeskripsikan tipe peserta dan pemimpiindengan benar.
8. Siswa dapatmendeskripsikan teknik pengendalian pertemuandengan benar.
9. Siswa dapatmembuat perencanaan pertemuandengan benar.
10. Siswa dapatmempraktekan pelaksanaan pertemuandengan benar.
Materi Ajar
1. Pengertian pertemuan
2. Fungsi pertemuan
3. Jenis-jenis pertemuan
4. Tujuan pertemuan
5. Syarat-syarat pertemuan yang baik
6. Tipe peserta dan pemimpiin
7. Teknik pengendalian pertemuan
8. Perencanaan pertemuan
9. Pelaksanaan pertemuan
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Pendekatan Scientific
Model : Model Pembelajaran AlternatifMind
Mapping, Snow Ball Throwing, dan Jigsaw
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang materi pengertian pertemuan dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan pengertian pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pengertian pertemuan.
Kemudian guru membimbing siswa untuk mencari pengetian pertemuan berdasarkan
pendapat tokoh dalam bentuk mind mapping dan kesimpulan pendapat kelompok.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 2 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang fungsi pertemuan dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan fungsi pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang fungsi pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh. Kemudian masing-masing kelompok membuat satu
pertanyaan yang berkaitan dengan materi dalam selembar kertas yang kemudian
dibentuk menjadi bola.
Komunikasi
Tiap
kelompok melempar bola pertanyaan pada kelompok lain. Kelompok yang mendapat
pertanyaan menjawab isi pertanyaan tersebut dan di presentasikan.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 3 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang jenis-jenis pertemuan dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan jenis-jenis pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang jenis-jenis pertemuan.
Masing-masing kelompok diberikan satu sub materi tentang jenis-jenis
pertemuan untuk dibahsa kembali.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 4 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang tujuan pertemuan dari power point yang ditayangkan
oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tujuan pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tujuan pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 5 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang syarat-syarat pertemuan dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan syarat-syarat pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang syarat-syarat pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari
pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 6 (1 x
2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang tipe-tipe peserta dan pemimpin pertemuan dari
power point yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan tipe-tipe peserta dan pemimpin pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang tipe-tipe peserta dan
pemimpin pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 7-8 (2
x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang teknik pengendalian pertemuan dari power point
yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan teknik pengendalian pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang teknik pengendalian
pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 9-10
(2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang perencanaan pertemuan dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan perencanaan pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang perencanaan pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 11-12
(2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang pelaksanaan pertemuan dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan pelaksanaan pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pelaksanaan pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§
Media
Power Point
§
Alat dan Bahan
1.
Proyektor
2.
Laptop
3.
Whiteboard
4.
Spidol
§
Sumber Belajar
1.
Modul Mengelola Pertemuan oleh Sri Endang/ Sri Mulyani/
Suyetti
2.
LKS buatan guru
3.
Sumber referensi terkait
Penilaian
1. Evaluasi Kognitif : Tes Tulis dan Penugasann
2. Evaluasi Afektif : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3. Evaluasi Psikomotor: Fortofolio
Mata Pelajaran : ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN
Kelas / Semester : XI/2
Pertemuan Ke- :
13-20
Alokasi Waktu : 8 x 2 JP (16 JP)
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Kompetensi Dasar
3.5. Menguraikan
sistematika laporan
4.12. Membuat
laporan pertemuan
Indikator
1.
Mensyukuri kebesaran Tuhan yang ditunjukan dengan sikap
keteraturan
2.
Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Humas
dan Keprotokolan
3. Menguraikan
sistematika penulisan notula
4. Mendeskripsikan bentuk catatan pertemuan
5. Menjelaskan fungsi catatan pertemuan
6. Mendeskripsikan teknik penyusunan notula
7. Membuat laporan pertemuan
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menguraikan sistematika penulisan notuladengan benar.
2. Siswa dapat mendeskripsikan bentuk catatan pertemuandengan benar.
3. Siswa dapat mendeskripsikan fungsi catatan pertemuan dengan benar.
4. Siswa dapat mendeskripsikan teknik penyusunan notula dengan benar.
5.
Siswa dapat membuat laporan pertemuandengan
benar.
Materi Ajar
1. Sistematika penulisan notula
2. Bentuk catatan pertemuan
3. Fungsi catatan pertemuan
4. Teknik penyusunan notula
Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Pendekatan Scientific
Model :
Model Pembelajaran Alternatif
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi,
dan Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 13-14
(2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang sistematika penulisan notula dari power point yang
ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan sistematika penulisan notula.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang sistematika penulisan notula.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 15-16
(2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang materibentuk catatan pertemuan dari power point
yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan bentuk catatan pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang bentuk catatan pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 17-18
(2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang materifungsi catatan pertemuan dari power point
yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan fungsi catatan pertemuan.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang fungsi catatan pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Pertemuan 19-20
(2 x 2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
-
Guru mengucapkansalam, menanyakan kabar dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengingatkan kembali materi yang sudah
dipelajari sebelumnya.
-
Guru memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari.
Apersepsi
- Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang akan
dipelajari untuk menarik perhatian siswa.
Motivasi
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan
pentingnya materi yang akan disampaikan.
Pemberian acuan
-
Guru menyampaikan pokok-pokok materi yang akan
dipelajari.
-
Guru menjelaskan mekanisme kegiatan belajar mengajar.
-
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15 Menit
|
Inti
|
Mengamati
Mengamati
berbagai informasi tentang materiteknik penyusunan notula dari power point
yang ditayangkan oleh guru.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan teknik penyusunan notula.
Eksperimen/Explore
Mengumpulkan
data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang teknik penyusunan notula.
Kemudian siswa melakukan praktek membuat notula sebagai bentuk laporan dari
pertemuan.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan
hasil data yang diperoleh.
Komunikasi
Mempresentasikan
hasil diskusi.
|
60 Menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan bimbingan guru.
-
Menyampaikan tugas individu yang harus dikerjakan
siswa dirumah.
-
Guru menginformasikan tentang materi yang akan
dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
-
Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk
selalu belajar dan tetap semangat.
|
15 Menit
|
Media, Alat, dan Sumber Belajar
§
Media
Power Point
§
Alat dan Bahan
1.
Proyektor
2.
Laptop
3.
Whiteboard
4.
Spidol
§
Sumber Belajar
1.
Modul Mengelola Pertemuan oleh Sri Endang/ Sri Mulyani/
Suyetti
2.
LKS buatan guru
3.
Sumber referensi terkait
Penilaian
1. Evaluasi Kognitif : Tes Tulis dan Penugasann
2. Evaluasi Afektif : Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar
Peserta Didik, dan Jurnal
3. Evaluasi Psikomotor: Fortofolio