Jumat, 28 September 2012

Contoh Resensi


Life is Wonderful Dream

A. Data Buku
Judul Buku      : Meraih Hidup Seindah Impian (My Life, My Wonderful Dream)
Penulis             : Al-Ustadz M. Rusli Amin
Editor              : Kartini, S.Pdi. dan Susanti
Penerbit           : Zahira Press
Tahun Terbit    : 2009, cetakan Pertama 2010
Tebal Halaman: 208 Halaman

B. Pembukaan
M. Rusli Amin, M.A. lahir di Maluku Utara, pada tanggal 30 Desember 1962. Hari-hari yang dijalaninya lebih banyak diisi dengan berdakwah di berbagai masjid, berbagai tempat dan berbagai daerah di Indonesia. Pernah menjadi guru, dosen, pengasuh siaran Agama Islam di radio swasta, juga salah seoraog nara sumber Embun Pagi dan Cahaya Iman Televisi Indosiar Jakarta. Menjadi Pembimbing Haji pada beberapa perusahaan Haji Plus di Jakarta.
Disamping itu beliau juga aktif menulis buku, dan telah melahirkan belasan karya dengan aneka ragam tema, yang karya-karya beliau cuku mendapat apresiasi dan sambvan yang bagur dari masyarakat pembaca. Di antara karya-karya beliau adalah: 1) Rumahku Surgaku. 2) Menjadi Remaja Sukses. 3) Menjadi Remaja Cerdas. 4) Kunci Sukses Membangun Keluarga Idaman. 5) Kiat-Kiat Sukses. 6) Menjadi Pribadi Simpatik. 7) Waspadai Makanan Haram di Sekitar Kita. 8) Belajar Sukses dari Shalat. 9) Canda-Canda Sufistik. 10) Mereguk Air Kebahagiaan dari Telaga Rasulullah. 11) Berjumpa Allah dalam Shalat Bimbingan Meraih Khusyuk dan Nikmatnya Shalat. 12) Misteri Wukuf di Arafah Kado Terindah Buat Seorang Haji. 13) Life Must Go On, dan lain-lain.
Buku ini adalah salah satu karya terbaru beliau. Kekhasan dan sosok penulis sangat tercermin dari isi buku ini. Melalui buku yang luar biasa ini, beliau memotivasi kita untuk menjadi sosok yang mampu meraih kesuksesan dan keindahan hidup, serta mempunyai "arti" bagi orang lain.
Buku ini penuh dengan inspirasi sesuai dengan judulnya my life, my wonderful. Tema yang di angkat dari buku ini adalah tentang motivasi hidup, bagaimana agar kita sebagai manusia meraih dan menikmati keindahan hidup.
Terlepas dari itu, mengingat bahwa setiap manusia tak pernah dari salah dan khilap. Maka buku ini pun tentunya tidak akan mencapai tingkat kesempurnaa, di dalamnya pasti ada beberapa kelemahan. Ciptaan manusia memang tidak ada yang sempurna.
Buku ini membawa sensasi tersendiri bagi pembaca. Penulis dengan sangat cerdas memaparkan buah pikirannya. Pembaca benar-benar diajak untuk melihat keindahan hidup dan bagaimana meraihnya. Tentunya dengan beberapa saran yang di ungkapkan oleh penulis yang sangat membantu.
Diterbitkan oleh Zahira Press, yang beralamat di jalan Guru Daiyah, RT.04/06 Perumahan Pesona Insani Blok A7 Kel. Tanah Baru, Kec. Beji Depok. Telp. (021) 71143144 atau (021) 93362961.

C. Isi Resensi
Setiap orang tentu menginginkan hidupnya indah dan bahagia. Setiap orang pasti ingin meraih prestasi, menjadi pribadi yang unggul, cerdas, berilmu pengetahuan, melahirkan karya, serta menjadi sukses dan bahagia. Itulah impian dan harapan setiap manusia.
Namun semua impian dan harapan yang indah itu tidak mudah untuk diwujudkan dalam kehidupan dunia yang hanya sekali dan sesingkat ini. Kita harus mampu mendayagunakan segala potensi yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Kita harus mampu memotivasi diri tatkala jenuh dan penatnya kehidupan menyergap hati kita. Karena sejatinya, Allah pun menginginkan kita semua sukser dalam menunaikan tugas sebagai "khalifah-Nya" di muka bumi ini.
Buku ini menyajikan motivasi-motivasi hidup nan luar biasa. Lengkap dengan fakta-fakta menakjubkan yang telah diraih oleh orang-orang tersukses dalam bidangnya. Buku ini memaparkan betapa hidup ini terlalu indah untuk dihancurkan oleh kegagalan, ketidakberdayaan, dan kepahitan hidup. Bahkan dalam penderitaan pun, sesungguhnya hidup ini menjanjikan keindahan. Maka temukanlah "resep-resep dahsyat" untuk meraih indah dan bahagianya hidup dalam buku yang luar biasa ini.
Nikmatilah lezatnya "hidangan motivasi" dalam bab demi bab buku ini, maka Anda akan mendapati bahwa hidup ini memang indah dan menakjubkan.
Seperti yang di ungkapkan sebelumnya bahwa manusia adalah tempatnya salah dan khilap. Tidak ada kesempurnaan pada semua ciptaan manusia dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.
Dalam beberapa bab di buku ini, ada beberapa kalimat yang seakan-akan terus-menerus diulang. Hal ini cukup membuat pembaca seperti membaca halaman yang sama. Misalnya: Pada bagian 9 "saya hanya lulusan SMA tapi memiliki pengetahuan seoran Ph.D". Kutipan judul tersebut di ambil dari kata-kata seorang pemikir terkemuka Anthony Robbins. Pada bab itu kisah beliau banyak diulang pada beberapa halaman.
Selain itu, kurang teliti dalam pengeditan, sehingga ada beberapa kata yang salah pengetikan atau kelebihan tanda baca yang terabaikan oleh editor.
Namun begitu, bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh semua kalangan baik remaja maupun orang tua.

D. Penutup
Buku ini sangat penting di baca oleh semua orang yang ingin merasakan keindahan hidup. Untuk mendapatkannya pun, buku ini menyajikan berbagai saran, solusi dan tips-tips menakjubkan kepada pembaca. Hidup ini adalah hamparan mimpi indah yang musti kita rajut menjadi kenyataan. Karena Anda, kita semua, memang layak untuk mendapatkan hidup nan indah dan bahagia. Life is wonderful dream!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar